Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Minyak Terbakar, Pertamina Sebut Pasokan BBM di Jabar Aman

Kompas.com - 25/10/2019, 06:23 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kebakaran hebat sempat terjadi pada pipa bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina, di Km 130, Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Entah berapa liter minyak yang tumpah terbuang saat kebakaran itu. Pasalnya, Pertamina belum menghitung kerugian yang didapatkan.

Sebagai upaya untuk memadamkan api saat itu, PT Pertamina sempat menghentikan suplai bahan bakar jenis premium dari Ujung Berung, Kota Bandung ke Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga: Soal Kebakaran Pipa, Pertamina: Kami Juga Korban

Meski begitu, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami menyebut bahwa pasokan BBM di Jawa Barat masih aman.

"Pasokan alhamdulillah aman. Kita di Jawa Barat ini ada beberapa TBBM penyangga. Ada Balongan, ada juga Cikampek, nanti Cikampek bisa bantu wilayah Purwakarta, ada juga dari Tasik nanti untuk Bandung Selatan dan sebagainya," jelas Sri, Kamis (24/10/2019).

Kini, pihak PT Pertamina masih melakukan upaya sterilisasi tumpahan minyak yang mencemari pesawahan warga sekitar, dengan penyisiran lokasi dan pemberian bahan kimia yang akan mentralisasi air yang terpapar tumpahan minyak.

"Setelah itu kita juga akan mengambil sisa-sisa bahan bakar yang ada di situ dan juga benda-benda cair yang ada di situ. Yang tadi kita sudah lokalisir dengan alat vacuum truck atau tangki yang dilengkapi dengan pompa untuk nanti ditampung di tangki-tangki yang ada di sini," katanya.

Meski begitu, Sri tak dapat memastikan kapan pengerjaan ini selesai dilakukan, dan langkah apa yang akan dilakukan Pertamina usai pembersihan.

"Belum tahu, yang penting saat ini kami bersihkan dulu. Nanti setelah dibersihkan kita baru tahu rusaknya di mana nih, kalau sekarang kan belum tahu juga. Jadi yang penting kita bersihkan dulu. Langkah selanjutnya apa, nanti kita sampaikan," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran besar terjadi pada pipa penyalur BBM jenis pertamina Dex di KM 130, Kampung Mancong Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Jawa Barat.

Baca juga: Pipa Pertamina Meledak di Cimahi, Ridwan Kamil Sebut Ada yang Telah Salahi Prosedur

Pipa tersebut diduga bocor disebabkan adanya pengerjaan kontruksi di Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Api pun berkobar dan menimbulkan asap hitam pekat yang membumbung tinggi. Setelah berjibaku kurang lebih 4,5 jam api pun akhirnya berhasil dipadamkan petugas Pemadam Kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com