Cerita Tuty Adib Mendesain Baju Kurung yang Dikenakan Iriana Saat Pelantikan Presiden: Tak Sampai 2 Pekan

Kompas.com - 25/10/2019, 06:00 WIB
Ibu Negara Iriana bersama Mufidah dan Wury tiba sebelum acara  pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019) KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIbu Negara Iriana bersama Mufidah dan Wury tiba sebelum acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019)

SOLO, KOMPAS.com - Penampilan Iriana saat pelantikan sang suami, Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden RI 2019-2024 terlihat anggun.

Iriana memakai busana baju kurung warna putih karya desainer asal Solo, Jawa Tengah, Tuty Adib.

Penampilan anggun Iriana saat pelantikan presiden tak lepas dari pilihan busana perempuan berusia 56 tahun itu.

Iriana sengaja menggunakan busana khas Melayu karena ingin tampil berbeda.


Busana yang digunakan Iriana lima tahun lalu ketika pelantikan Jokowi sebagai Presiden RI periode pertama adalah kebaya kutu baru motif bunga-bunga warna oranye.

Baca juga: Mengenal Baju Kurung, Busana Melayu Pilihan Iriana di Pelantikan Presiden

Kali ini, Iriana memilih menggunakan busana baju kurung warna putih dengan bawahannya jarit warna cokelat.

Busana baju kurung sendiri merupakan salah satu dari ragam busana tradisional Indonesia.

Busana ini banyak dikenakan oleh perempuan Minangkabau, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sebagai pakaian adat tradisional mereka dengan nama kurung basiba.

Kurung basiba memiliki ciri khas pada bagian samping baju terdapat siba dengan panjang baju sebatas lutut, terdapat kikiek (pelindung ketiak), leher bulat tanpa kerah dan sedikit diberi belahan sebatas dada.

Sementara baju kurung yang dipakai Iriana telah didesain dengan penampilan kekinian yang unik dengan menggunakan bahan brokat organdi sutera yang dipadu dengan brokat tipis sebagai furing.

Busana itu juga menggunakan kerah sabrina.

Menambah keindahan dari busana itu, Tuty Adib pun memberikannya sentuhan berupa brokat bordir baju kurung pada bagian dada serong ke bawah.

Kemudian ditambah hiasan berupa kristal dan manik-manik yang menambahkan keindahan baju yang dikenakan nenek dari Jan Ethes ini. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X