Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kebakaran Pipa, Pertamina: Kami Juga Korban

Kompas.com - 24/10/2019, 21:16 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Pipa bahan bakar minyak milik Pertamina terbakar di KM 130, Kampung Mancong Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Jawa Barat.

Sampai saat ini, Pertamina belum mengetahui berapa kerugian yan didapat akibat kebakaran tersebut.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami mengatakan, bahwa saat ini Pertamina fokus pada penanganan pasca kebakaran pipa BBM.

Baca juga: Pemkot Cimahi Minta KCIC Bertanggung Jawab Atas Dampak Kebakaran Pipa Pertamina

Seperti diketahui, tumpahan minyak pasca kebakaran mencemari pesawahan warga. Warga pun mengeluh karena tanam padinya dipastikan gagal.

Ketika disinggung, apakah Pertamina ikut mengganti rugi warga terdampak insiden kebakaran tersebut, Sri menyebut bahwa pada dasarnya Pertamina pun merupakan korban.

"Poisinya kami juga kan korban, jadi sebenarnya kami ini sama dengan pihak warga," kata Sri, Kamis (24/10/2019).

Sebab, kata Sri, Pertamina tidak melakukan kegiatan apapun sebelum kebakaran terjadi pada pipa BBM milik mereka. 

Karenanya, pihaknya menduga, terbakarnya pipa tersebut disebabkan oleh alat berat yang dioperasikan pada pengerjaan proyek KCJB.

"Jadi, bukan bocor, tapi terkena alat berat," ujar dia.

Meskipun begitu, pihak Pertamina dengan semua pihak yang terkait akan bersama-sama menangani dampak kebakaran pipa BBM tersebut.

"Memang saat ini kami belum ke warganya, tapi kami fokus ke sini dulu supaya penanganan selesai sudah dingin, tidak bahaya dan tak beresiko, baru," kata Sri

Pihaknya belum mengetahui ataupun menghitung berapa kerugian yang disebabkan karena kebakaran pipa BBM pada Selasa (22/10/2019) kemarin.

Baca juga: Kebakaran Pipa Pertamina di Cimahi, Sawah Tercemar Minyak, Warga Minta Ganti Rugi

"Kalau kerugian sampai saat ini kami belum mendata karena kami masih lebih fokus kepada penanganan pembersihan sisa-sisa BBM terlebih dahulu. Begitu selesai nanti tentunya kami akan menghitung kembali berapa kerugian baik secara operasional maupun aset-aset yang ada," kata Sri.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran besar terjadi pada pipa penyalur BBM jenis pertamina Dex di KM 130, Kampung Mancong Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Jawa Barat.

Pipa tersebut diduga bocor disebabkan adanya pengerjaan kontruksi di Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Api pun berkobar dan menimbulkan asap hitam pekat yang membumbung tinggi. Setelah berjibaku kurang lebih 4,5 jam, api pun akhirnya dipadamkan petugas Pemadam Kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com