Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Menkominfo, Johnny G Plate Diminta Perluas Jaringan Internet di Tanah Kelahirannya

Kompas.com - 24/10/2019, 16:36 WIB
Markus Makur,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Johnny G Plate, alumnus Seminari Pius XII Kisol, Kelurahan Tanahrata, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur dipilih Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2019-2024.

Rada Eduardus Sateng, guru sekaligus Kepala Sekolah SMP Seminari Pius XII menyampaikan rasa bangga karena buah pendidikan seminari dapat berkiprah di kancah nasional.

Bahkan dipercaya oleh Jokowi mengemban tugas negara.

Rada mengungkapkan, Johnny selama ini telah memberikan contoh bgaimana membangun Indonesia melalui sumbangsih pemikirannya yang visioner.

"Sebagai pendidik di Seminari XII Kisol, bangga dengan kepercayaan dari Presiden RI untuk pertama kalinya memimpin sebuah lembaga negara tingkat nasional," ujar Rada kepada Kompas.com, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Nasdem Siapkan Julie Sutrisno Gantikan Johnny G Plate di DPR

Ketua Pemuda Katolik Cabang Manggarai Timur, Pankrasius Purnama mengatakan, kepercayaan Jokowi kepada Johnny memacu generasi milenial untuk terlibat dalam politik di negeri ini.

"Saya sebagai tokoh muda dan Ketua Pemuda Katolik di Manggarai Timur merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada Presiden RI Jokowi atas kepercayaan kepada putra terbaik dari Flores Barat," ujar dia.

Purnama menjelaskan, ini menjadi sejarah dimana pertama kalinya politisi Flores Barat dipilih menjadi menteri.

"Generasi milenial di Pulau Flores khususnya dan NTT umumnya harus belajar dari cara Johnny berkiprah di dunia politik. Orang muda di era milenial saat ini harus berani terjun di dunia politik demi membangun bangsa," ujar dia.

Akses internet

Dia berharap dengan Johnny menjadi Menkominfo, maka akses internet harus diperluas demi peningkatan program presiden berbasis digital.

Ia mengatakan ada banyak kampung dan Desa di pelosok di NTT yang belum terjangkau akses internet karena jaringan telekomunikasi belum memadai.

Contohnya di bagian utara dari Flores Barat. Sementara saat ini sedang gencar berbasis internet dalam berbagai laporan serta aktivitas belajar dan mengajar dari para pendidik dan anak sekolah dengan akses internet.

Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Ruteng, Rada Beben Gaguk mengatakan turut bangga salah seorang putra terbaik Sanpio XII Kisol menjadi menteri.

Ia menilai pengalaman, nilai kehidupan, dan pola hidup selama di seminari turut membentuk kualitas dan integritas pribadi dari Johnny.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com