Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga: Masuknya Prabowo ke Kabinet Indonesia Maju Jadi Sinyal Persatuan

Kompas.com - 24/10/2019, 15:05 WIB
Andi Hartik,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – Wakil Ketua Umum Gerindra Sandiaga Salahudin Uno menilai, masuknya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke dalam Kabinet Indonesia Maju merepresentasikan persatuan.

Dia mengatakan, kontestasi politik Pemilihan Presiden sudah selesai sehingga tidak salah jika Prabowo mau bergabung menjadi koalisi dengan jabatan sebagai menteri pertahanan.

Baca juga: Sandiaga Tak Segan Kritik Kebijakan Kabinet dan Pemerintah yang Tak Sesuai

“Iya, kami doakan yang terbaik dan dipercayanya Pak Prabowo ini kan memberikan signal persatuan bahwa semuanya sudah selesai,” kata Sandiaga, saat menghadiri acara di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang, Kamis (24/10/2019).

Masuknya Prabowo ke dalam koalisi pemerintah mencerminkan tiga hal yang pernah disampaikannya.

Yakni menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menghilangkan segala perpecahan dan menatap masa depan bangsa.

“Saya hadir di mana waktu Pak Prabowo menyampaikan bahwa tiga hal yang harus menjadi landasan kami yaitu cinta NKRI, hilangkan perselisihan di antara kami dan perpecahan dan terakhir lihatlah ke depan dan jangan lihat ke belakang,” kata dia.

Sandiaga merupakan wakil dari Prabowo Subianto saat berjuang dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2019. Pasangan Prabowo-Sandiaga melawan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya memutuskan Jokowi-Ma’ruf sebagai pasangan calon terpilih.

Baca juga: Nadiem Makarim Jadi Mendikbud, Ini Komentar Sandiaga Uno

Hubungan kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden itu sempat memanas saat keduanya saling klaim kemenangan.

Namun, akhirnya Prabowo melunak dan bersedia menemui Presiden Jokowi sebagai presiden terpilih serta Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoptri. Prabowo bahkan diangkat menjadi Menteri Pertahanan oleh Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com