0
Kilas Daerah Banyuwangi
KILAS DAERAH

Ratusan Pebalap Bakal Tanding di Banyuwangi International BMX 2019

Kompas.com - 23/10/2019, 19:45 WIB
Kompetisi internasional Bicycle Motorcross (BMX) kembali digelar. Kali ini akan dilaksanakan di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi, pada 26 ? 27 Oktober mendatang. dok. Pemkab BanyuwangiKompetisi internasional Bicycle Motorcross (BMX) kembali digelar. Kali ini akan dilaksanakan di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi, pada 26 ? 27 Oktober mendatang.

KOMPAS.com – Ajang kejuaraan internasional Bicycle Motorcross ( BMX) kembali digelar di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi, pada 26 – 27 Oktober mendatang.

Acara yang bertajuk Banyuwangi International BMX 2019 ini diikuti 253 pebalap profesional dari 18 negara, seperti Brazil, Inggris, Denmark, Italia, Ekuador, New Zealand, Australia, China, dan Thailand.

Ada juga Malaysia, Latvia, Jepang, Jerman, Republik Ceko, Hongkong, Kanada, Cili, dan Indonesia.

Selaku tuan rumah acara, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kompetisi kali ini bakal lebih seru dan menantang. 

Baca juga: Harapan Atlet BMX pada SEA Games 2019

“Selain kategori kelas C1 race, tahun ini ajang yang masuk kalender rutin Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) tersebut juga melombakan Hors Class, level setingkat lebih tinggi dari C1 race,” terang Anas.

Asal tahu saja, perlombaan kelas Hors Class ini hanya boleh digelar sebanyak enam kali dalam setahun di satu benua.

“Alhamdulillah, Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang dipilih untuk menyelengarakan kelas bergengsi ini,” kata Anas dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/10/2019).

Selain itu, dibanding kategori lainnya, Hors Class memiliki poin lebih besar. Tak heran, banyak pembalap yang mengikuti Banyuwangi International BMX 2019.

Baca juga: Di Kejuaraan Dunia BMX, Ada Dua Atlet DKI Berlaga

Sebab, di sana mereka berkesempatan untuk mengumpulkan poin agar bisa lolos ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Lewat ajang internasional bergengsi ini, Anas berharap dapat mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke Banyuwangi, khususnya komunitas pecinta olahraga BMX, mulai dari atlet hingga penggemarnya.

"Penggemar BMX di Indonesia itu besar dan solid. Kami ingin menggeret mereka kemari untuk menjajal sirkuit BMX yang sudah berstandar internasional, sekaligus berwisata menjelajah destinasi yang beragam,” kata Anas.

Kompetisi BMXdok. Pemkab Banyuwangi Kompetisi BMX

Atlet top dunia

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Banyuwangi Wawan Yadmadi mengatakan, Caroline Buchanan yang merupakan atlet profesional berprestasi asal Australia akan ikut berlaga di kompetisi ini.

Baca juga: Kini, BMX Indonesia di Posisi 19 Dunia

Sekadar informasi, Caroline pernah lima kali menjadi juara dunia BMX dan Mountain Bike (MTB). 

Adapun prestasi yang pernah ia sabet di antaranya, Juara Dunia BMX World Championships 2016, Juara 2 BMX World Championships 2017, dan Four Cross World Championship 2016.

Nantinya, Caroline akan bertanding di kategori Elite Women melawan Sarah Walker asal New Zealand, peraih Medali Perak London Olympic Games 2012, dan Amanda Carr asal Amerika, pemenang Asian Games Korea 2014.

Sementara itu, di kategori Elite Men, sejumlah atlet berprestasi dunia seperti Renato Rezende (Brazil) peraih Medali Emas South American Games 2014 dan Jimmi Therkelsen (Denmark) juara BMX Race Ljubljana 2019 akan turut bertanding. 

Baca juga: Asa BMX Indonesia Menatap Olimpiade 2020

"Bisa dibayangkan serunya kan? Saat para jawara dunia ini bertemu dalam satu arena. Jadi jangan sampai lewatkan aksi-aksi hebat mereka,” ujar Wawan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya