Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Zainudin Amali, Anak Desa yang Kelola PAUD di Tepi Danau Limboto hingga Ditunjuk Jadi Menpora

Kompas.com - 23/10/2019, 12:42 WIB
Rosyid A Azhar ,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Masyarakat Gorontalo menyambut baik Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 yang baru diumumkan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Kegembiraan masyarakat beralasan karena dua menteri Jokowi berasal dari Gorontalo, yaitu Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Suharso Monoarfa menjabat Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Menariknya, Zainudin Amali masih aktif mengelola sebuah sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Marhama di Desa Buhu Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo.

PAUD Marhama didirikan tahun 2012 dan dikelola oleh Yayasan Marhama dengan Pembina Zainuddin Amali dan Ketua Haris Suparto Tome.

“Pak Zainuddin Amali masih mengelola sekolah ini, bahkan sebelum puasa Ramadhan lalu sempat datang saat ibunya meninggal dunia,” kata Mulyani Amali (47), salah seorang guru PAUD Marhama, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Pesan Jokowi ke Menpora yang Baru: Sepak Bola Ya, Pak!

Sekolah PAUD Marhama ini tepat di pinggir Danau Limboto, kawasan lahan basah yang selama ini menjadi perhatian Zainuddin.

Di danau inilah Zainuddin menghabiskan masa kecilnya.

Mulyani Amali yang tinggal di Desa Hutadaa mengajar sejak 2014 setelah sekolah berdiri. Sebelumnya ia mengajar PAUD Hutadaa.

“Kami diminta Yayasan Marhama mengajar di sini. Alhamdulilah sekolah ini sekarang memiliki murid 72 siswa,” ujar Mulyani Amali.

Siswa yang sekolah di PAUD Marhama ini berasal dari keluarga sekitar Kecamatan Talaga Jaya dan Tilango, karena bangunan sekolah berada di perbatasan dua kecamatan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com