0
Kilas Daerah Banyuwangi
KILAS DAERAH

Ribuan Siswa SD Banyuwangi Nikmati Sate dan Susu Sapi Segar

Kompas.com - 23/10/2019, 12:15 WIB
Ribuan siswa siswi Sekolah Dasar (SD) menikmati puluhan ribu sate ayam dan kambing, serta susu sapi segar dalam acara Tamansuruh Farm Festival, di kawasan Agrowisata Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Selasa (23/10/2019) Dok. Humas Pemkab BanyuwangiRibuan siswa siswi Sekolah Dasar (SD) menikmati puluhan ribu sate ayam dan kambing, serta susu sapi segar dalam acara Tamansuruh Farm Festival, di kawasan Agrowisata Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Selasa (23/10/2019)

KOMPAS.com – Ribuan siswa siswi Sekolah Dasar (SD) tampak memenuhi kawasan Agrowisata Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Mereka tampak berebut untuk menyantap puluhan ribu sate ayam dan kambing yang ditusukkan dijajaran batang pisang, dalam acara Tamansuruh Farm Festival (TFF), Selasa (22/10/2019).

Tak hanya sate, anak-anak tersebut juga menikmati susu sapi olahan dan murni sebanyak 400 liter dari dalam gentong yang diletakan di sejumlah area. Ada pula telur, sosis, serta berbagai olahan daging dan susu lainnya yang bisa dinikmati di acara itu

"Asyik sekali di sini. Selain bisa makan dengan puas, minum susu yang rasanya segar, tempatnya juga menyenangkan," cerita Nabila, siswi kelas 4 SD.

Baca juga: Bupati Anas Pastikan Banyuwangi Akan Jadi Destinasi Wisata Nasional

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar saat membuka TFF menjelaskan, acara itu digelar sebagai kampanye agar masyarakat, terutama anak-anak, rajin mengonsumsi protein hewani, mulai dari telur, daging hewan ternak, hingga susu.

Pasalnya, menurut Anas, asupan protein sangat penting guna mendukng pertumbuhan anak-anak.

Selain itu, TFF juga menjadi upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk mempromosikan potensi hewan ternak mereka.

"Banyuwangi juga dikenal dengan keunggulan ternaknya. Contohnya, sapi yang bahkan memasok pasar luar Banyuwangi. Ada juga kambing etawa yang susunya bisa dinikmati di sini," kata Anas.

Baca juga: Wakil Bupati Banyuwangi Ajak Para Santri Terlibat dalam Pembangunan

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Arief Setiawan mengatakan, TFF diselenggarakan untuk mendukung kampanye konsumsi daging dengan cara yang edukatif dan atraktif.

"Kami gelar di tempat yang sejuk dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Harapannya agar anak-anak dan orangtua bisa sadar akan pentingnya protein hewani bagi perkembangan tubuh," kata Arief.

Sebagai informasi, Agrowisata Tamansuruh berlokasi di kaki Gunung Ijen dengan ketinggian 500 mdpl, dengan luas mencapai.

Di kawasan wisata edukasi seluas 10,6 hektar itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan khas pegunungan Gunung Ijen dan Selat Bali dari ketinggian.

“Di area ini, juga ada area farm. Pengunjung bisa melihat aneka hewan ternak selain keindahan bunga dan tanaman yang ada," ucap Arief dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/10/2019).

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya