Intip Cara Belajar Reza, Anak Sopir Lulusan ITB Peraih IPK 3,98

Kompas.com - 23/10/2019, 05:45 WIB
Muhammad Reza Nurrahman (22 tahun) lulus dari Fisika ITB dengan IPK 3,98. KOMPAS.com/RENI SUSANTIMuhammad Reza Nurrahman (22 tahun) lulus dari Fisika ITB dengan IPK 3,98.

BANDUNG, KOMPAS.com – Meski hidup dalam ekonomi yang kurang, Muhammad Reza Nurrahman (22 tahun) memiliki segudang prestasi.

Sejak kecil, ia kerap menjadi juara umum. Kemudian saat duduk di bangku SMP, Reza tercatat dua kali masuk ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi.

Masuk ke SMA, ia pernah masuk seleksi Asian Physics Olympiad dan menduduki peringkat 9. Ia pun lolos ke jurusan Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) lewat jalur Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Baca juga: Ini Prestasi Reza, Anak Sopir yang Lulus ITB dengan IPK 3,98

Di ITB, anak dari Wawan Sukendar dan Ika Minarti ini meraih juara 2 OSN Mahasiswa Nasional tahun 2017.

Kemudian menjadi finalis mahasiswa berprestasi FMIPA tahun 2018 dan berkesempatan internship di KAIST selama tiga bulan.

Terakhir, ia lulus dengan nilai memuaskan atau IPK 3,98. Bahkan, kini ia dipercaya oleh dosennya untuk membantu pembuatan beberapa publikasi ilmiah.

Semua prestasi itu tidak diperoleh dengan mudah. Ia banyak menghabiskan waktu belajar sejak masih duduk di bangku SD-SMP.

“Sejak kelas 7 (SMP), Reza beres sekolah jam 12. Kemudian Reza nyamperin ke ruang guru dan belajar ke Bu Guru sampai pukul 17. Baru pulang,” ujar Reza kepada Kompas.com di Bandung, Senin (21/10/2019).

Hal tersebut terus diulanginya setiap hari. Tujuannya agar mendapat beasiswa sehingga mengurangi beban keluarganya yang menggantungkan hidup dari upah sopir sang ayah.

“Reza juga banyak belajar karena ingin membanggakan orangtua,” tuturnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X