Fakta Terkini Pipa Pertamina Terbakar, Diduga karena Pengeboran Proyek Kereta Cepat hingga 1 WNA Tewas

Kompas.com - 22/10/2019, 18:35 WIB
Petugas pemadam kebakaran tengah berupaya memadamkan api di pipa minyak pertamina yang terbakar di Jalur KCIC. KOMPAS.COM/AGIE PERMADIPetugas pemadam kebakaran tengah berupaya memadamkan api di pipa minyak pertamina yang terbakar di Jalur KCIC.

KOMPAS.com - Pipa bahan bakar milik PT Pertamina di Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, terbakar, Selasa (22/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB

Kebakaran diduga karena proses pengeboran proyek kereta cepat. Akibat kejadian tersebut, satu orang warga negara asing tewas.

Untuk memadamkan pipa pertamina yang terbakar, sebanyak 25 mobil pemadam kebakaran dari Cimahi, Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung Barat dikerahkan. 

Berikut ini fakta terkini pipa pertamina terbakar:

1. Kronologi kejadian

Humas PT Jasa Marga Tol Prubaleunyi Nandang Elan mengatakan, kebakaran diakibatkan adanya bored pile KCIC yang mengenai pioa bahan bakar pertamina yang menghubungkan Bandung-Cilacap.

Adapun pipa section Bandung-Padalarang telah ditutup, sehingga kebakaran relatif menunggu habisnya bahan bakar yang elevasinya lebih tinggi dari lokasi kejadian.

"Upaya tambahan yang sedang diupayakan adalah dengan menyemprotkan chemical pemadam," katanya dari siaran pers yang diterima dari PT Jasa Marga Tol Purbaleunyi.

Baca juga: Kronologi Kebakaran Pipa Pertamina di Cimahi

2. Diduga karena pengeboran proyek kereta cepat

Pipa pertamina yang terbakar tak jauh dari Tol Purbaleunyi, lapaoran dari jurnalis Kompas TV, Bebi, mengatakan, kebakaran pipa pertamina di loaksi dididuga karena porses pengeboran proyek kereta cepat.

"Dari pihak BPBD sudah mengatakan memang ledakan dari pipa Pertamina diakibatkan oleh proses pengeboran PT Kereta Cepat Indonesia China," kata Bebi, seperti dilansir dari siaran langsung Kompas TV, Selasa sore.

Api yang berkobar juga merembet pada pepohonan yang berada di sekitar pinggiran tol.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X