Kronologi Kebakaran Pipa Pertamina di Cimahi

Kompas.com - 22/10/2019, 17:14 WIB
Foto udara kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). PT Pertamina masih melakukan investigasi terkait kebakaran pipa milik pertamina itu yang letaknya berdekatan dengan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung. ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISIFoto udara kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). PT Pertamina masih melakukan investigasi terkait kebakaran pipa milik pertamina itu yang letaknya berdekatan dengan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Pipa bahan bakar milik PT Pertamina di Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, terbakar, Selasa (22/10/2019).

Dari siaran pers yang diterima media dari PT Jasa Marga Tol Purbaleunyi, insiden itu terjadi pukul 14.00 WIB di lokasi pekerjaan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), tepatnya di KM 130 ruas Padaleunyi jalur A.

Baca juga: Satu Korban Tewas Kebakaran Pipa Pertamina di Cimahi Merupakan WNA

"Kebakaran diakibatkan adanya bored pile KCIC yang mengenai pipa bahan bakar Pertamina yang menghubungkan Bandung-Cilacap," kata Humas PT Jasa Marga Tol Purbaleunyi, Nandang Elan.

Sedikitnya delapan unit kendaraan pancar dari Dinas Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk proses pemadaman.

Adapun pipa section Bandung-Padalarang telah ditutup, sehingga kebakaran relatif menunggu habisnya bahan bakar yang elevasinya lebih tinggi dari lokasi kejadian.

"Upaya tambahan yang sedang diupayakan adalah dengan menyemprotkan chemical pemadam," tambah Nandang.

Baca juga: Kebakaran Pipa Pertamina di Cimahi Diduga karena Pengeboran Proyek Kereta Cepat

Saat ini, arus lalu lintas dari Jakarta menuju Bandung dan arah sebaliknya telah kembali dibuka setelah sempat ditutup pada pukul 14.00 WIB.

"Sekarang sudah dibuka. Tadi sempat ditutup sampai pemadaman. Penutupannya tadi sekitar ada satu jam dari pukul 14.00 WIB, betul. Dialihkan untuk ke arah Cileunyi dikeluarkan ke Tol Baros. Sedangkan dari Cileunyi ke arah Jakarta dikeluarkan di Pasrikoja. Diimbau tadi memang lalu lintas lewat jalur arteri dulu," ujar Nandang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X