Kebakaran Hanguskan 50 Hektare Lahan di Dua Gunung di Karawang Selatan

Kompas.com - 22/10/2019, 12:38 WIB
Kebakaran lahan Gunung Sirnalanggeng di Kecamatan Tegalwaru, Senin (21/10/2019) siang. HANDOUTKebakaran lahan Gunung Sirnalanggeng di Kecamatan Tegalwaru, Senin (21/10/2019) siang.

KARAWANG, KOMPAS.com - Kebakaran di dua gunung di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, menghanguskan 50 hektare lahan.

Lokasi kebakaran yang berada di atas gunung membuat petugas pemadam kesulitan memadamkan api.

Kebakaran di lereng Gunung Cengkik dan Gunung Sirnalanggeng diketahui terjadi sejak Senin (21/10/2019) sekitar pukul 13.00 WIB.

"Sampai saat ini sudah 50 hektare lahan yang terbakar," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Asep Wahyu kepada Kompas.com, Selasa (22/10/2019).

Baca juga: Dua Gunung di Karawang Selatan Terbakar

Wahyu mengatakan, hingga saat ini masih tampak kepulan asap di lokasi kebakaran. Hanya saja, titik api tidak terlihat pada siang hari.

Hingga saat ini, kata dia, petugas pemadam kebakaran dibantu warga, relawan hingga instansi terkait masih berupaya mencegah kebakaran meluas.

Proses pemadaman pun menemui kendala. Sebab, lokasi kebakaran berada di atas gunung dan tidak bisa dijangkau dengan mobil pemadam kebakaran.

"Karena tidak dapat dijangkau oleh mobil damkar, pemadaman dilakukan manual dengan jalan kaki," katanya.

Baca juga: Pemadaman Kebakaran Hutan di Gunung Rinjani Dilanjutkan

Wahyu menyebutkan, hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat gejala alam.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X