Ibu-ibu Ini Berhasil Olah Koro Beracun Jadi Keripik Lezat dan Sehat

Kompas.com - 22/10/2019, 06:00 WIB
KEMAS--Salah satu anggota KUB Mugi Lancar, Desa Selopuro, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri mengemas keripik koro yang sudah dimasak. KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWIKEMAS--Salah satu anggota KUB Mugi Lancar, Desa Selopuro, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri mengemas keripik koro yang sudah dimasak.

WONOGIRI, KOMPAS.com — Mengolah biji koro yang mengandung racun sianida menjadi makanan ringan bercita rasa lezat bukanlah perkara gampang. 

Butuh kesabaran, kehati-hatian dan keluwesan dalam mengolah biji koro.

Bahkan, untuk mencapai sebuah hasil yang memuaskan, emak-emak di Desa Selopuro, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri membutuhkan sekitar lima hari.

"Proses dari awal hingga jadi produk kripik membutuhkan waktu hingga lima hari lamanya. Tiga hari proses pembersihan racun dan dua hari proses fermentasi," ujar Sumarsih, koordinator Kelompok Usaha Bersama Mugi Lancar, Desa Selopuro, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah kepada Kompas.com, Minggu ( 20/10/2019).

Baca juga: Warung Lya, 30 Tahun Menjaga Pedasnya Lodeh Koro

Kelompok Usaha Bersama Mugi Lancar menjadi salah satu kelompok pengolah biji koro beracun yang beranggotakan ibu-ibu rumah tangga di Kabupaten Wonogiri.

Usaha mengolah biji koro beracun menjadi makanan ringan berupa keripik yang gurih dan lezat sudah turun temurun dilakukan warga setempat. 

Cara mengolah dan memasaknya pun tetap menggunakan metode tradisional yang diajarkan generasi sebelumnya.

Perbedaannya hanya dari segi kemasan yang lebih milenial dibandingkan era sebelumnya.

Sumarsih mengaku teknik mengolah biji koro beracun menjadi makanan ringan lezat tidaklah gampang. Butuh kesabaran agar buliran-buliran hilang racunya. 

Setelah dipetik dari pohonnya, buliran koro yang diambil dari buah koro lalu direbus terlebih dahulu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X