Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Personel TNI-Polri Siaga di Mimika Jelang Pelantikan Presiden

Kompas.com - 19/10/2019, 08:01 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Kepolisian Resort (Polres) Mimika, Papua, menggelar apel siaga pasukan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, pada Minggu 20 Oktober besok.

Apel siaga digelar di halaman kantor Pelayanan Polres Mimika dipimpin Kabag Sumda Kompol Arifin, Sabtu (19/10/2019) pagi.

Apel diikuti oleh unsur kepolisian, mulai jajaran Polres Mimika, Brimob Yon B Pelopor Polda Papua, BKO Brimob dari Polda Gorongtalo, Polda Kalimantan Selatan, dan Polda Kalimantan Barat.

Baca juga: Kapolda Papua Ingatkan Polisi di Mimika: Jangan Lengah, Ancaman Itu Nyata

Kepada wartawan Kabagops Polres Mimika, AKP Andyka Aer mengatakan, khusus untuk pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden, pihaknya melibatkan 150 personel baik dari kepolisian maupun TNI.

Meski demikian, pihak kepolisian tetap menyiagakan sekitar 900 personel untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada pun fokus pengamanan berada di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Hasanuddin, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jalan Cenderawasih, SP 2.

Selain fokus pengamanan di dua kantor lembaga itu, kepolisian juga menggelar patroli baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Kalau yang disiagakan semua ada sekitar 900 personel, baik itu dari Polres Mimika sendiri maupun BKO Brimob," kata Andyka.

Acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo-Ma’ruf Amin bakal digelar pada Minggu 20 Oktober 2019 besok.

Baca juga: Dua Kue Ulang Tahun dari Polri di HUT ke-74 TNI di Mimika

Andyka mengimbau masyarakat di wilayah hukumnya untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan.

“Mudah-mudahan wilayah Mimika tetap kondusif dan cinta damai," kata Andyka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com