Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar WJIS 2019, Ridwan Kamil Targetkan Jabar Raup Investasi hingga Rp 70 Triliun

Kompas.com - 18/10/2019, 09:44 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akan membuka West Java Investment Summit (WJIS) 2019 di The Trans Luxury Hotel, Jumat (18/10/2019).

WJIS 2019 merupakan kegiatan di mana Pemprov Jabar mengundang para investor lokal dan mancanegara untuk melihat potensi investasi di Jabar.

Acara itu rencananya akan dihadiri sekitar 200 investor dari Eropa seperti Inggris, Perancis, Belgia hingga Asia seperti China, Jepang dan Korea Selatan.

Ridwan menargetkan, acara itu mampu menarik investasi senilai Rp 60 triliun-Rp 70 triliun.

"Target kurang lebih Rp 60 triliun-Rp 70 triliun raihan dan sedang dihitung raihan jumlah pekerjaan yang dihasilkan," ungkap Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kota Bandung, Kamis (17/10/2019) malam.

Baca juga: 3 Langkah Cegah Anak Jadi Kerdil Ala Istri Gubernur Ridwan Kamil

Ia menuturkan, WJIS ini merupakan hasil dari rentetan kunjungannya ke luar negeri untuk mencari investor baru di Jabar. 

"Ini hasil 12 bulan saya ketuk pintu ke negara sahabat kemana-mana, puncaknya ini. Berbeda dengan tahun lalu, ini ramai sekali. Kalau BI bilang tahun lalu mah susah cari partisipan sekarang mah sampai nolak-nolak," paparnya.

Emil menjelaskan, raupan investasi itu akan berkorelasi dengan pembukaan lapangan kerja baru di berbagai sektor industri.

Ia berharap, hadirnya lapangan kerja baru mampu menperkuat kondisi ekonomi di Jabar.

"Jadi beritanya dua, investasi yang didatangkan dan pekerjaan yabg dihasilkan berkorelasi. Kan suka ada yang nanya netizen kami gak ngerti investasi kami butuh pekerjaan padahal sebenarnya nyambung bahwa pekerjaan itu diciptakan datang oleh investasi," jelasnya. 

Baca juga: Atalia Ridwan Kamil Akui Angka Stunting di Jawa Barat Cukup Tinggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com