Masyarakat Diimbau Jaga Ketertiban Jelang Pelantikan Presiden

Kompas.com - 17/10/2019, 20:19 WIB
Ketua Umum ISNU Ali Masykur Musa saat membuka Mukernas ISNU di Hotel Aryaduta, Jakarta, Sabtu (6/4/2019). DOK ISNU/ABASKetua Umum ISNU Ali Masykur Musa saat membuka Mukernas ISNU di Hotel Aryaduta, Jakarta, Sabtu (6/4/2019).

KOMPAS.com - Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Ali Masykur Musa mengimbau masyarakat untuk menyukseskan pelantikan presiden dan wakil presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin pada 20 Oktober mendatang.

Ali mengatakan, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin merupakan hasil pemilihan umum 17 April lalu yang sah dan demokratis.

"Demokrasi melalui pilpres secara langsung oleh rakyat adalah instrumen demokrasi yang berdaulat dan berbudaya, karena itu hasilnya harus diterima dan dihormati," kata Ali, Kamis (17/10/2019).

Baca juga: Polisi Jaga Sekolah-sekolah di Bogor Jelang Pelantikan Presiden


Pria yang akrab disapa Cak Ali ini mengatakan, salah satu upaya untuk menyukseskan pelantikan presiden adalah dengan sama-sama menjaga ketertiban.

Ia memahami bahwa kebebasan berpendapat adalah hak warga negara yang menganut sistem demokrasi.

Namun demikian, kebebasan berpendapat juga harus dibarengi dengan tanggung jawab dalam menjaga ketertiban sosial.

"Karena itu menjaga keamanan dan ketertiban sosial menjelang dan sesudah pelantikan Presiden dan Wapres adalah menjadi tanggung jawab semua pihak," tandas mantan anggota Badan Pemeriksa Keuangan periode 2009-2014 itu.

Ali juga meminta masyarakat untuk mengawasi kinerja pemerintahan Jokowi selama 5 tahun mendatang.

Menurutnya, segala bentuk evaluasi kerja pemerintah harus tetap dilakukan dan disalurkan melalui ruang yang konstitusional.

"Jika ada aspirasi yang belum tertampung dan berbeda, maka salurkanlah melalui mekanisme yang benar, yaitu DPR, DPD dan MPR RI. Itulah cara berpolitik yang berbudaya, bukan melalui demokrasi jalanan," kata Ali dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Agar Pelajar Tak Demo Saat Pelantikan Presiden, 400 Kepala Sekolah Se-Cianjur Dikumpulkan

Diketahui, pelantikan presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin digelar di gedung Kura-kura 2 pada Minggu, 20 Oktober mendatang.

Polisi di seluruh Indonesia bersiaga untuk mengamankan situasi agar pelantikan berlangsung kondusif.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X