Calon Anggotanya Tewas, Komandan Menwa Unitas Palembang Sujud di Kaki Ibu Korban

Kompas.com - 17/10/2019, 16:59 WIB
Mahasiswa Universitas Taman Siswa (Tamsis) Palembang Muhammad Akbar (19) yang tewas ketika mengikuti pra diksar Menwa saat berada di rumah sakit Bhayangkara Palembang, Kamis (17/10/2019). KOMPAS.COM/AJI YK PUTRAMahasiswa Universitas Taman Siswa (Tamsis) Palembang Muhammad Akbar (19) yang tewas ketika mengikuti pra diksar Menwa saat berada di rumah sakit Bhayangkara Palembang, Kamis (17/10/2019).

PALEMBANG, KOMPAS.com - Agus Giyawa, Komandan Satuan 604 Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang, Sumatera Selatan, sujud di kaki ibu Muhammad Akbar (19), yang tewas ketika mengikuti kegiatan pra pendidikan dasar (diksar).

Kejadian bermula saat jenazah Akbar hendak dimasukkan ke dalam mobil ambulans untuk dibawa ke rumah duka yang berada di kawasan Jalan Padat Karya Graha Citra Pesona Blok A6 Sekojo Ujung, Kecamatan Sematang Borang, Kota Palembang.

Agus yang sebagai komandan, langsung masuk ke dalam mobil dan bersujud memohon maaf atas meninggalnya Akbar dalam kegiatan pra diksar tersebut.

Kondisi suasana duka yang terjadi saat itu langsung pecah oleh tangis orangtua Akbar serta rekannnya yang lain.

Baca juga: Ikuti Diksar Menwa, Mahasiswa Taman Siswa Palembang Tewas

Menurut Agus, sebelum mengikuti kegiatan pra diksar di Desa Senai, Kabupaten Ogan Ilir, kondisi kesehatan Akbar telah lebih dulu dicek dan dinyatakan dalam keadaan sehat.

Namun, pada Rabu (16/10/2019), Akbar mengeluhkan kaki keram.

"Sebelum berangkat sudah dicek kesehatan dan kami minta persetujuan langsung. Untuk kekerasan, kami tidak bisa bilang, biar nanti polisi yang bertindak," kata Agus.

Sementara itu, Tito (46), orangtua dari Akbar menuturkan, sebelum kejadian, anak pertamanya itu sempat pamit meminta izin untuk mengikuti kegiatan diksar menwa di Ogan Ilir.

Tito pun memberikan izin kepada Akbar tanpa memiliki firasat apapun.

"Saya izinkan, karena memang tidak ada firasat apapun. Berangkatnya hari minggu kemarin," kata Tito.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X