Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Hari Penglihatan Sedunia 2019, Waspadai Ancaman Gadget pada Mata Anak

Kompas.com - 15/10/2019, 17:41 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengadakan acara Peringatan Hari Penglihatan Sedunia Nasional Tahun 2019 tingkat provinsi.

Puncak acara dengan tema global Vision First dan tema nasional Mata Sehat, SDM Unggul tersebut digelar di Area Parkir Barat Gedung Sate Bandung, Selasa (15/10/2019).

Acara itu dihadiri oleh Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Ia menekankan pentingnya menjaga kesehatan mata, terutama pada anak-anak di usia belajar.

“Dengan adanya teknologi seperti televisi, handphone, dan lainnya termasuk komputer, layar-layar (gadget) seperti itu menurut info kesehatan yang kami terima, kalau terlalu diforsir akan merusak (mata), terutama kepada anak-anak,” ujar Uu.

Perlunya peran aktif orangtua

Ia melanjutkan, peran aktif orangtua jelas dibutuhkan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak.

Bahkan jika diperlukan, orangtua harus berani mengambil langkah tegas demi kebaikan anak-anaknya.

“Saya titip kepada seluruh orangtua, harus mampu menjaga kesehatan mata anak. Jangan biarkan anak terpapar sinar layar gadget terlalu lama. Kalau bisa, dalam waktu sehari 30 menit, lah ambil saja. Simpan di lemari, kunci,” imbau Uu.

Plh Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum saat memeriksa mata dalam puncak acara Hari Penglihatan Sedunia Nasional Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jabar dengan tema global Vision First dan tema nasional Mata Sehat, SDM Unggul di Parkir Barat Gd Gedung Sate Bandung, Selasa (15/10/2019).- Plh Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum saat memeriksa mata dalam puncak acara Hari Penglihatan Sedunia Nasional Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jabar dengan tema global Vision First dan tema nasional Mata Sehat, SDM Unggul di Parkir Barat Gd Gedung Sate Bandung, Selasa (15/10/2019).

Plh Gubernur Jabar itu berpendapat jika lebih baik anak-anak melakukan aktivitas lain daripada membahayakan diri di masa depan.

Pada acara tersebut, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga menyerahkan bantuan sebanyak 500 kacamata gratis untuk anak-anak sekolah yang hadir.

“Kami menerima bantuan untuk masyarakat Jabar, 500 kacamata bagi anak-anak siswa sekolah yang sudah kena akibatnya. Mungkin dari keturunan atau dari (pengaruh) lingkungan yang tidak bisa menjaga (kesehatan mata),” ujar Uu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com