Usai Bagikan KIA yang Pecahkan Rekor Muri, Bupati Bantul Panggul Anak

Kompas.com - 15/10/2019, 15:31 WIB
Bupati Bantul Suharsono Memanggul Anak Saat Pemecahan Rekor Pemberian KIA di Stadion Sultan Agung, Bantul Selasa (15/10/2019) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOBupati Bantul Suharsono Memanggul Anak Saat Pemecahan Rekor Pemberian KIA di Stadion Sultan Agung, Bantul Selasa (15/10/2019)

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bantul, Yogyakarta, memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) pembagian Kartu Identitas Anak (KIA).

Setelah menyerahkan KIA, Bupati Bantul Suharsono memanggul salah seorang anak, Selasa (15/10/2019).

Dari pengamatan Kompas.com, ribuan bocah yang rata-rata bersama ibunya memadati stadion Sultan Agung (SSA) Bantul sejak pagi.

Mereka dengan setia menunggu pelaksanaan upacara pembukaan pembagian KIA. Total ada 10.169 KIA yang dibagi kepada para siswa usia pendikan anak usia dini (PAUD).

Baca juga: KIA Jadi Kado di Hari Kemerdekaan untuk Anak-anak Asmat

Setelah memberikan KIA secara simbolis, Suharsono langsung memanggul seorang anak.

"Alhamdulillah bisa melebihi target 10.000 (KIA)," kata Suharsono seusai kegiatan.

Dijelaskannya, KIA saat ini merupakan bagian dari upaya pemerintah memberikan identitas kepada anak. KIA diberikan pada anak usia 0 sampai kurang dari 17 tahun.

Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bantul, Bambang Purwadi mengatakan, pemecahan rekor nasional ini merupakan upaya sosialisasi pembuatan KIA bagi anak.

Saat ini sudah ada 180.000 dari total 200.000 anak yang sudah mendapatkan KIA.

"Anak yang sudah memiliki KIA bisa memiliki keuntungan, di antaranya diskon di toko buku dan kuliner yang sudah bekerja sama dengan Disdukcapil," katanya.

Baca juga: Saling Ejek dan Pukul, Siswa di Bantul Meninggal Dunia

Sementara itu, perwakilan Muri Sri Widayati mengatakan, pembagian 10.169 KIA di Bantul mengalahkan rekor sebelumnya, 5.228 KIA di Banjarmasin pada 6 Juli 2019 lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X