Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi Lapas di Pontianak Tewas Tergantung, Diduga Dibunuh

Kompas.com - 15/10/2019, 13:17 WIB
Hendra Cipta,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KUBU RAYA, KOMPAS.com - Seorang warga binaan di Lapas Klas IIA Pontianak, Kalimantan Barat, Boong Min (46) ditemukan tewas di dalam toilet tahanan dalam posisi tergantung dengan seutas tali rafia, Selasa (15/10/2019), pukul 06.00 WIB.

Kasat Reskrim Polresta Pontianak, AKP Rully Robinson mengatakan, korban pertama kali ditemukan oleh sesama warga binaan yang menghuni blok B5.

Baca juga: Napi Remaja Kasus Pembunuhan Dapat Izin Keluar Lapas untuk Daftar Kuliah

"Korban ditemukan dalam keadaan tergantung di dalam toilet dengan seutas tali plastik atau rafia warna abu-abu yang dikaitkan dengan sebuah paku," kata Rully, Selasa siang.

Rully menuturkan, saat ditemukan, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia dengan menggunakan baju kaos warna abu-abu dan celana pendek loreng.

"Selanjutnya, korban dibawa ke RSUD Sudarso Pontianak untuk dilakukan visum guna mengetahui penyebab pasti kematian korban," ucap dia.

Ditemukan kejanggalan

Rully menerangkan, kematian Boong Min terdapat sejumlah kejanggalan. Dia menyebut, saat ditemukan, di tubuh korban tidak ditemukan ciri-ciri orang yang tewas gantung diri.

Baca juga: Kronologi Kaburnya 7 Napi Setelah Bobol Tahanan Polsek Peusangan Bireuen

Seperti misalnya, lidah yang tidak menjulur dan posisi kaki korban yang menapak ke lantai toilet.

Menurut dia, dari hasil analisa awal, tidak menutup kemungkinan korban meninggal dunia akibat pembunuhan yang dilakukan oleh sesama penghuni lapas.

"Kami akan melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan memeriksa saksi-saksi," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com