Fakta Ratusan Ikan dan Biota Laut Mati Mendadak, Beredar Berbagai Isu hingga LIPI Akan Lakukan Penelitian

Kompas.com - 14/10/2019, 12:11 WIB
Ratusan ikan dan jenis biota laut ditemukan mati terdampar di pantai Desa Lelinguan, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Sabtu (12/10/2019). KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTYRatusan ikan dan jenis biota laut ditemukan mati terdampar di pantai Desa Lelinguan, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Sabtu (12/10/2019).

KOMPAS.com - Warga di Desa Lelingulan, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, digegerkan dengan fenomena terdamparnya ratusan ikan serta berbagai jenis biota laut lainnya di pantai desa tersebut.

Pasalnya, peristiwa itu terjadi di tengah situasi Maluku yang terus dilanda gempa susulan hingga membuat warga di wilayah tersebut menjadi resah.

Bahkan ada warga yang mulai menghubung-hubungkan fenomena alam tersebut dengan kejadian bencana.

Sementara itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon, memastikan kasus terdamparnya ikan dan biota laut di pantai Desa Lelingulan, tidak berhubungan dengan musibah gempa.

Kepala LIPI Ambon Nugroho Dwi Hananto menjelaskan, ada berbagai kemungkinan yang bisa menyebabkan ikan-ikan dan biota laut itu mati terdampar, bisa saja karena upwelling atau sebuah fenomena di mana air laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan akibat pergerakan angin di atasnya.

Berikut ini fakta selengkapnya:

1. Warga dihantui rasa khawatir

Ilustrasi warga asing di Jepang.Thinkstock Ilustrasi warga asing di Jepang.

Herman Barutresia, salah seorang warga Tanimbar Utara mengaku, sejak ikan-ikan dan biota laut itu ditemukan mati terdampar, warga mulai dihantui rasa khawatir.

Sebab, sejumlah warga percaya kejadian itu merupakan tanda-tanda alam yang tidak biasa.

“Kejadiannya itu baru Sabtu kemarin, cuma masalahnya kita khawatir karena beredar informasi kejadian itu berkaitan dengan gejala alam,” ujarnya yang dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (13/10/2019).

Baca juga: Ratusan Ikan dan Biota Laut Mati Mendadak di Maluku, Warga Resah

 

2. Beredar berbagai isu

Ilustrasi ikan mati di sungai.THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi ikan mati di sungai.

Sejak ditemukannya ratusan ikan dan berbagai jenis biota laut yang terdampar di pantai, Herman mengaku membuat warga semakin resah.

Pasalnya, banyak sekali beredar informasi setelah kejadian itu akan terjadi sesuatu di di wilayah tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X