Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Ikan Mati Terdampar di Pantai Jetis Cilacap, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 13/10/2019, 12:19 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Warganet dihebohkan dengan penemuan ribuan ikan mati yang terdampar di Pantai Cemara Sewu, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (12/10/2019).

Foto dan video fenomena tersebut banyak tersebar melalui media sosial Facebook dan Youtube.

Salah satunya akun Facebook dengan nama Paijo Kbm mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan warga ikan-ikan yang terdampar di atas pasir.

Postingan tersebut disertai keterangan "Hari ini, ratusan ribu bahkan mungkin jutaan mati dan menepi ke pinggiran, belum tahu persis nama serta jenis ikan ini, tapi semuanya ikan yang sejenis. Puluhan atau mungkin ratusan warga sekitaran Pantai Cemara Sewu Jetis, Cilacap berbondong-bondong untuk mengambil ikan tersebut".

Baca juga: Senin, LIPI Kirim Tim Teliti Penyebab Ribuan Ikan Terdampar Mati di Ambon

Hingga berita ini ditulis, postingan tersebut telah dibagikan lebih dari 1.700 kali. Berbagai spekulasi pun muncul mengenai penyebab fenomena tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap Sarjono membenarkan kejadian tersebut. Ribuan ikan tersebut ditemukan terdampar di Pantai Cemara Sewu Sabtu pagi.

Sarjono menjelaskan, kemunculan ribuan ikan tersebut bukan akibat fenomena alam. Ribuan ikan yang terdampar itu berasal dari jaring nelayan yang jebol di tengah laut, kemudian terbawa arus hingga ke pantai.

Baca juga: [KLARIFIKASI] Penjelasan Video Ribuan Ikan Terdampar Sebelum Gempa Bali M 6

"Sudah dipastikan itu bukan fenomena alam atau apa. Itu berasal dari jaring nelayan yang jebol, begitu ditarik (ke atas perahu) jaringnya kemungkinan jebol, terus terbawa arus ke tepi," kata Sarjono saat dihubungi, Minggu (13/10/2019).

Menurut Sarjono ikan tersebut mati karena telah tertumpuk-tumpuk di dalam jaring, sehingga kekurangan oksigen. Jumlah ikan yang mati dan tersampar diperkirakan antara 1 ton hingga 2 ton.

"Jenisnya macam-macam, ada petek,montok dan lain-lain, ukurannya rata-rata kecil. Sampai sekarang kami belum mengetahui punya nelayan mana, biasanya nelayan juga diam saja, paling menyesal jaringnya jebol, harusnya dapat rejeki malah jebol," ujar Sarjono.

Kompas TV Hiu yang terdampar di pantai Lebak Keusik berukuran panjang sekitar tujuh meter dan berat dua ton lebih.<br /> <br /> Hiu ditemukan oleh nelayan Muara Binuangeun dalam kondisi mati.<br /> <br /> Menurut ketua himpunan nelayan seluruh Indonesia Wilayah Lebak, Hiu diduga terseret ombak besar karena dalam beberapa hari terakhir cuaca di sekitar pantai berangin kencang. #Lebak #HiuTerdampar #HiuMati
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com