Pipa Bocor di Cilacap, Pertamina Akui Bertanggungjawab Atas Kerusakan Lingkungan

Kompas.com - 11/10/2019, 21:21 WIB
Akses jalan ditutup karena ada perbaikan pipa Pertamina yang bocor di Dusun Sidadadi, Desa Tarisi, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/10/2019) KOMPAS.com/FADLAN MUKHTAR ZAIN Akses jalan ditutup karena ada perbaikan pipa Pertamina yang bocor di Dusun Sidadadi, Desa Tarisi, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/10/2019)

CILACAP, KOMPAS.com - Pertamina akan bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan akibat bocornya pipa Pertamina di Dusun Sidadadi, Desa Tarisi, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (6/10/2019) malam lalu.

Senior Supervisor Communication & Relations MOR IV PT Pertamina (Persero) Arya Yusa Dwicandra mengatakan, terkait dengan pengelolaan tanah yang terpapar, Pertamina bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan penyedotan minyak dengan vacuum truck.

Selain itu juga membuat lubang pantau untuk melihat sejauh mana sebaran minyak yang meresap ke tanah.

"Dalam lubang pantau, kami memastikan bahwa resapan tanah terlihat sejarak 2 hingga 5 meter dari sumber kebocoran pipa, dan proses penyedotan masih terus kita lakukan untuk menarik minyak-minyak yang merembes," kata Arya melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Pipa Pertamina di Cilacap Bocor, Semburan Solar Setinggi Tiang Listrik, Warga Trauma dan Mengungsi

"Pertamina bersama pihak ketiga yang berkompeten dan memiliki izin pengelolaan limbah B3 di bawah kendali DLH akan mengelola tanah yang terpapar dengan memisahkan tanah yang terkena rembesan ke dalam polybag," tambah Arya.

Lebih lanjut Arya, Pertamina telah memberikan air bersih untuk mengcover sumber air warga yang terdampak.

Warga sepakat untuk membuat sumber air baru dengan segala biaya pembangunan sumurnya menjadi beban Pertamina.  

Menurut Arya saat ini Pertamina memprioritaskan penanganan dalam tiga aspek, yaitu perbaikan pipa, penyedotan solar dan recovery lahan.

Baca juga: Pipa Pertamina di Cilacap Bocor, Air Sumur Tercemar Solar, Tanaman Rusak

Terkait penyebab kebocoran, hingga saat ini masih dalam proses penyelidikan. Pertamina telah berkoordinasi dengan kepolisian Cilacap dan DLH Cilacap terkait insiden ini. 

"Koordinasi perlu ini untuk kepentingan penyelidikan dan pendataan area dan warga yang terdampak," ujar Arya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga mengungsi ke tempat yang aman menyusul bocornya pipa Pertamina.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X