Api yang Membakar Kawah Putih dan Gunung Malabar Sudah Padam

Kompas.com - 11/10/2019, 18:34 WIB
Asap hasil kebakaran hutan di Kawah Putih Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengepul di antara pepohonan sekitar. Foto Polsek CiwideyAsap hasil kebakaran hutan di Kawah Putih Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengepul di antara pepohonan sekitar.

BANDUNG, KOMPAS.com - Water bombing atau pengeboman dengan air telah dilakukan Kamis (10/10/2019) kemarin di dua lokasi kebakaran hutan lahan (karhutla) Gunung Malabar dan Kawasan Kawah Putih.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penanganan dilakukan oleh heli water bombing yang dimiliki oleh BNPB dan dimulai pada pukul 10.30 WIB.

Sampai pukul 13.49 WIB telah dilakukan pengeboman air sebanyak 25 kali. Airnya diambil dari Sungai Cisangkui, Babakan Cianjur, Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung.

"Hasil yang dicapai, dari 8 titik api yang berada di Gunung Malabar, sudah 4 titik api yang berhasil padam," ujar Truno dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/10/2019).

Baca juga: Satu Heli Water Bombing Dikerahkan untuk Padamkan Kebakaran di Gunung Malabar dan Kawah Putih.

Pemadaman dan pendingian secara manual oleh Satgas Kawah Putih pun telah dilakukan.

Satgas bersama dengan pemadam kebakaran menggunakan selang sepanjang 800 meter untuk memadamkan api di lokasi Kawasan Sunan Rama.

Kamis kemarin sampai pukul 16.00 WIB, hujan deras terjadi di lokasi kawah putih sehingga seluruh Satgas Karhutla Kawah Putih kembali ke posko, termasuk petugas Pemadam Kebakaran.

Pada pukul 16.30 WIB, diadakan Rapat Koordinasi dan Anev dipimpin oleh Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan, yang dihadiri oleh ADM Perhutani Bandung Selatan Tedi, GM Tourism Jabar Banten Wismo, Asper Ciwidey Slamet, Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, serta Danramil Ciwidey Kapt Inf Toto.

"Pasca-hujan turun sangat lebat. Untuk titik api secara keseluruhan sudah tidak ada, hanya masih ada kepulan asap di Sunan Rama menuju Kawah Saat sampai ke Cipanganten," katanya

Pemadaman asap dilakukan 2 alternatif, yaitu menggunakan heli water bombing dan secara manual oleh satgas.

Baca juga: Api Mulai Padam, Petugas Pantau Kawah Putih Gunung Patuha dengan Drone

 

Pemadaman manual dilakukan dengan cara menggunakan alat-alat yang ada, yakni membuat Ilalar atau sekat bakar ganda serta pemadam kebakaran.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X