3 Kali Bupati Magetan Sampaikan Usulan Exit Tol ke Jokowi

Kompas.com - 11/10/2019, 09:14 WIB
Bupati Magetan Suprawoto, usulan adanya exit tol fi Magetan di jalur tol Solo-Surabaya sudah 3 kali disampaikan kepada Presiden Jokowi. Keberadaan exit toll  sangat mempengaruhi iklim pariwisata di kabupaten Magetan. KOMPAS.COM/SUKOCOBupati Magetan Suprawoto, usulan adanya exit tol fi Magetan di jalur tol Solo-Surabaya sudah 3 kali disampaikan kepada Presiden Jokowi. Keberadaan exit toll sangat mempengaruhi iklim pariwisata di kabupaten Magetan.

MAGETAN, KOMPAS.com - Bupati Magetan Suprawoto mengaku 3 kali menyampaikan usulan agar ada exit tol di jalan tol Solo–Surabaya kepada Presiden Jokowi dalam sejumlah pertemuan.

Meski usulan exit tol diapresiasai oleh presiden, namun hingga saat ini belum ada kepastian kapan pembanguan exit tol di Magetan dilakukan.

“Komitmen beliau tetap, mudah-mudahan tinggal nunggu waktulah. Tinggal PU PR kan proses itu perlu waktu,” ujar Suprawoto, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Bupati Galau karena Tidak Ada Exit Toll di Magetan

Meski belum ada kepastian kapan exit tol akan dibangun di Magetan oleh pemerintah, namun Suprawoto memastikan telah menyiapkan kebutuhan pendukung seperti jalan utama menuju pintu exit tol. 

Sejumlah ruas jalan saat ini telah diusukan Pemerintah Kabupaten Magetan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Sebagai persiapan akses jalan jalan di sana itu kami serahkan kepada provinsi,” imbuh dia.

Sebelumnya Suprawoto khawatir jika tidak ada pintu keluar tol di Magetan, pengguna jalan tol dari Surabaya akan lebih memilih Yogyakarta untuk singgah.

Padahal, saat ini, Pemda Magetan sedang mengembangkan industri pariwisata dengan membangun dan mempercantik sejumlah destinasi wisata seperti Telaga Sarangan.

Pemerintah Daerah Magetan rencananya akan menyulap kawasan 11 hektare di jalur Sarangan untuk membangun pertanian organik, taman bunga dan masjid besar untuk mendukung perekembangan destinasi wisata Telaga Sarangan.

Baca juga: Lanud Iswahyudi Magetan Dapat Jatah 4 Mobil Esemka untuk Operasional

Meski Kabupaten Magetan saat ini dilewati jalur tol Jakarta Surabaya sepanjang 5 kilometer, namun tidak ada pintu keluar menuju Magetan.

Gerbang tol terdekat adalah di Kota Madiun di mana pengguna jalan harus menempuh lebih dari 20 kilometer dari Magetan.

Keberadaan exit tol, menurut Suprawoto, sangat mempengaruhi iklim pariwisata di Kabupaten Magetan.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X