Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pemuda Dihajar usai Curi Kambing di Desa yang Ditinggal Warga Mengungsi

Kompas.com - 10/10/2019, 21:04 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Tiga orang pemuda babak belur dihajar massa setelah tepergok mencuri seekor kambing milik warga Desa Tengah-tengah, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (10/10/2019).

Ketiga pemuda ini melancarkan aksinya dengan menggunakan sebuah mobil angkutan kota saat banyak penduduk sedang mengungsi dari kampungnya karena gempa bumi.

“Ketiga pemuda itu memang memanfaatkan situasi, jadi saat warga sedang mengungsi mereka beraksi di kampung itu,” kata Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Julkisno Kaisupy kepada Kompas.com, Kamis malam.

Baca juga: Dalam Dua Pekan, Maluku Diguncang 1.334 Kali Gempa Susulan

Menurut Julkisno, ketiga pemuda yang tidak disebutkan identitasnya itu dihadang warga setelah mereka akan meninggalkan kampung tersebut dengan seekor kambing yang mereka curi.

"Saat itu warga langsung mencegat mereka dan kemudian menghajar mereka,” katanya.

Julkisno mengatakan, pemilik kambing, Umar Tuharea yang mengetahui kambingnya telah dicuri tidak melaporkan kejadian itu ke polisi. Namun ia hanya meminta ketiga pelaku untuk membayar ganti rugi.

“Jadi diselesaikan secara damai, pemilik kambing hanya meminta ganti rugi saja,” sebutnya.

Julkisno pun mengingatkan warga, khususnya yang sedang mengungsi akibat gempa, agar dapat memantau rumah-rumah mereka yang ditinggalkan.

Baca juga: Ketakutan Saat Gempa, Dosen Melompat dari Lantai 2, Kakinya Patah

 

Sebab para pencuri dapat saja memanfaatkan situasi tersebut untuk melancarkan aksinya.

“Jadi baiknya bisa cek rumah-rumahnya, jangan sampai dibobol maling. Apalagi saat malam hari perkampungan sangat sepi di situlah pencuri bisa beraksi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com