Bolos Sekolah, 16 Siswa Diberi Sanksi Jalan Jongkok dan Hormat Bendera

Kompas.com - 10/10/2019, 17:15 WIB
KOMPAS.com/MASRIADI Siswa berjalan jongkok di Kantor Satpol PP Lhokseumawe, Aceh, Kamis (10/10/2019)KOMPAS.com/MASRIADI

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sebanyak 16 siswa dari berbagai sekolah ditangkap Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Lhokseumawe, Kamis (10/10/2019). Mereka ditangkap di sejumlah kafe dan warung internet kota itu.

Kepala Satpol PP Lhokseumawe, Irsyadi, menyebutkan, awalnya mereka menangkap 11 pelajar di sejumlah kafe dan warung internet.

Sedangkan lima di antaranya menyerahkan diri karena sepeda motor mereka dibawa tim Satpol PP Lhokseumawe.

“Alasan mereka macam-macam, mulai dari baju basah kehujanan, tidak niat sekolah, sampai rencana main bola. Maka tidak masuk sekolah,” sebut Irsyadi.

Baca juga: Bolos Sekolah untuk Ikut Demo, 7 Pelajar Diamankan Polisi

Dia menyebutkan, informasi banyaknya siswa bolos sekolah itu diterima dari masyarakat. Mereka biasanya duduk di kafe dan warung internet untuk bermain game.

Setelah tiba di kantor Satpol PP Lhokseumawe, pelajar itu diberi hukuman jalan sambil jongkok dan hormat bendera. Mereka baru dibebaskan setelah guru datang menjemput.

“Nama-nama mereka kita catat. Kita buat perjanjian agar tidak mengulangi praktik bolos sekolah itu lagi dan mereka dijemput oleh gurunya,” sebut Irsyadi.

Salah seorang guru yang hadir, Miranda, menyebutkan, seluruh orangtua siswa tersebut akan dipanggil ke sekolah.

“Kita akan beri tahu orangtuanya. Agar mereka paham bahwa anaknya ini bolos dan tidak sampai ke sekolah. Malah santai duduk di kafe dan warung internet. Pembinaan tentu akan dilakukan di sekolah,” pungkasnya.

Baca juga: Fakta 71 Siswa SMK Diamankan Polisi, Nekat Bolos Sekolah Demi Liburan ke Borobudur

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X