Selamatkan Diri Saat Gempa, Seorang Ibu di Ambon Jatuh Pingsan

Kompas.com - 10/10/2019, 14:39 WIB
Gempa magnitudo 5,2 mengguncang Ambon, Maluku, Kamis (10/10/2019). Warga panik dan berhamburan ke luar ruangan. KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTYGempa magnitudo 5,2 mengguncang Ambon, Maluku, Kamis (10/10/2019). Warga panik dan berhamburan ke luar ruangan.

AMBON, KOMPAS.com - Seorang ibu paruh baya di Ambon jatuh pingsan setelah berusaha menyelamatkan diri saat gempa berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah tersebut, Kamis siang (10/10/2019).

Korban yang diketahui bernama Any Tuaputy ini langsung tak sadarkan diri tak jauh dari rumahnya di kawasan Gunung Malintang, Kecamatan Sirimau, Ambon, setelah gempa susulan kedua bermagnitudo 4,6 terjadi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, korban saat ini telah sadar kembali. Meski begitu, kondisinya masih sangat syok.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Ambon, Warga Panik Berhamburan ke Jalanan

Sejumlah keluarganya pun masih merawat korban dan menjaganya di lapangan terbuka tak jauh dari rumahnya.

Anak korban, Dani Marasabessy, mengatakan sebelum gempa terjadi, ibunya sedang mencuci pakaian di rumah mereka. Ketika gempa mengguncang, korban dan warga lain berhamburan keluar rumah.

“Setelah keluar, mama berisitirahat di situ, samping lapangan. Tapi saat gempa kedua terjadi, mama langsung jatuh pingsan,” kata Dani kepada Kompas.com.

Dia mengatakan saat ini keluarga belum berani membawa korban ke rumah sakit untuk ditangani secara medis karena masih merasa khawatir akan terjadi gempa susulan.

“Belum bisa jalan-jalan dibawa lagi macet, kita juga masih takut jangan sampai ada gempa susulan lagi,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, delapan gempa susulan mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya pada Kamis siang (10/10/2019).

Gempa tersebut membuat warga di Kota Ambon panik berhemburan keluar dari rumah-rumah mereka untuk mencari tempat aman.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon mencatat, ada delapan kali gempa beruntun yang mengguncang Ambon dan sekitarnya pada Kamis siang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X