Cerita Warga yang Rumahnya Rusak Tertimpa Batu Raksasa, Teriak agar Istri Keluar hingga Lari Gendong Anak

Kompas.com - 09/10/2019, 21:12 WIB
Dodi, warga Kampung Cihandeuleum, RT 009 RW 005, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta berdiri di dekat rumahnya yang rusak tertimpa batu. KOMPAS.COM/FARIDADodi, warga Kampung Cihandeuleum, RT 009 RW 005, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta berdiri di dekat rumahnya yang rusak tertimpa batu.

KARAWANG, KOMPAS.com - Dodi, warga Kampung Cihandeuleum, RT 009 RW 005, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, bercerita saat batu-batu raksasa menghujani kampungnya.

Dodi bercerita, pada Selasa (8/10/2019) sekitar pukul 12.30 WIB terdengar ledakan kencang dari area pertambangan PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS).

Kemudian ia melihat batu-batu itu berjatuhan. Ia yang saat itu tengah berada di luar rumah, agar istrinya keluar rumah.

"Kemudian saya gendong anak saya yang baru berusia lima tahun dan lari sejauh-jauhnya ke tempat aman," kata Dodi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/10/2019).

Baca juga: 7 Rumah dan Sekolah di Purwakarta Rusak Dihujani Batu Besar, Ini Penyebabnya

Akibat terjangan batu-batu raksasa itu, bagian belakang rumahnya rusak parah. Selain rumahnya, enam bangunan lain rusak ringan hingga sedang, termasuk satu gedung sekolah.

"Yang rusak parah ada dua, termasuk rumah saya," katanya.

Jarak kampung tempat ia tinggal memang tak jauh dari area penambangan perusahaan tersebut.

Hanya terpisahkan jalan desa. Penambangan batu oleh perusahaan itu sudah berlangsung lebih dari 20 tahun. Menurutnya, peristiwa ini baru kali ini terjadi.

"Kampung kami tepat di bawah bukit (yang ditambang)," katanya.

Dodi menyebutkan, warga menuntut PT MSS bertanggung jawab atas jatuhnya batu-batu tersebut, di antaranya mengganti kerugian bangunan yang rusak dan menjamin kesehatan warga.

Selain itu, perusahaan itu juga diminta memastikan peristiwa tersebut terulang, karena menyangkut keselamatan warga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X