Gedung Sekolah Kena Pembangunan Jalan Tol Semarang-Batang, Ini Kata Jasa Marga

Kompas.com - 09/10/2019, 16:37 WIB
Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang, Arie Irianto. KOMPAS.com/NAZAR NURDINDirektur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang, Arie Irianto.

SEMARANG.KOMPAS.com - Hingga saat ini, masih terdapat gedung SMP N 16 Ngaliyan Semarang dan sejumlah tanah milik warga yang belum bisa dipindah lantaran terkena dampak pembangunan jalan tol Semarang-Batang.

Sebelumnya, siswa yang bersekolah di SMP N 16 tersebut mengeluhkan kegiatan belajarnya tidak maksimal lantaran gedung sekolahnya tinggal separuh dari luas lahan sebelumnya.

Bahkan, tiga tahun berselang, pihak sekolah hingga kini masih menunggu tindak lanjut dari Pemerintah Kota Semarang yang sebelumnya telah menjanjikan relokasi gedung sekolah sebagai upaya penggantian lahan.

Baca juga: Warga Terdampak Jalan Tol Semarang-Batang Marah atas Putusan MA

Beberapa alternatif penggantian lahan yang telah disetujui pihak sekolah di antaranya lahan yang berada Jalan Prof Hamka, dekat Pizza Hut Ngaliyan, Semarang.

PT Jasa Marga Semarang-Batang (JSB) menyatakan proses pemindahan lahan maupun gedung masih terkendala adanya aturan yang dibuat oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT JSB Arie Irianto saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/10/2019).

"Kami banyak mendapatkan keluhan soal pembayaran ganti rugi tanah warga. Tapi prosesnya memang belum sampai di kami melainkan akan dikaji dan dievaluasi di tangan Panitia Pembelian Tanah (P2T) dan itu masuknya di BPN," kata Arie.

Untuk SMPN 16, lanjut Arie, dari total luas lahan yang dimiliki sebesar 9.062 meter persegi, yang sudah dibebaskan berdasarkan penlok 2015 adalah 1.770 meter persegi dari kebutuhan lahan.

"Total yang diperlukan sebesar 3.659 meter persegi. Sehingga terdapat 1.889 meter persegi lahan yang belum dibebaskan sampai saat ini," jelas Arie.

Arie mengungkapkan dari hasil rembukan dengan sejumlah pihak, lokasi pemindahan gedung SMPN 16 mempunyai pilihan di 8 titik. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X