Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari ke-16 Pascakerusuhan, Sebanyak 102 Pengungsi Kembali ke Wamena

Kompas.com - 09/10/2019, 09:50 WIB
Dhias Suwandi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Memasuki hari ke-16 pascakerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, sebagian pengungsi Wamena yang sebelumnya telah berada di Jayapura akhirnya mulai kembali.

Rabu (9/10/2019), 102 pengungsi diterbangkan menggunakan pesawat Hercules dari Base Ops Lanud Silas Papare menuju Wamena.

"Saya baru bertemu dengan 102 masyarakat yang hari ini akan kembali ke Wamena setelah mengungsi di Jayapura. Mereka yakin bahwa kehidupan mereka di sana," ujar Menkopolhukam Wiranto, di Jayapura.

Pemerintah dan aparat keamanan, terangnya, terus berusaha meyakinkan para pengungsi agar mereka bersedia kembali ke Wamena karena saat ini situasinya telah kondusif.

Baca juga: TNI Siapkan Tiga Hercules untuk Kembalikan Pengungsi ke Wamena

Selain itu masyarakat setempat di Wamena pun menginginkan agara para pengungsi bisa segera kembali dan beraktivitas seperti biasanya.

"Mereka yakin bahwa aparat keamanan akan menjaga keamanan mereka, akan menjaga kondisi yang kondusif dan mereka juga yakin bahwa masyarakat-masyarakat Wamena telah menjamin untuk tetap hidup berdampingan, hidup rukun dan terus menjaga persaudaraan," kata Wiranto.

Ia yang didampingi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, mengklaim bahwa sebagian besar pengungsi di Wamena ingin tetap beraktifitas di lokasi tersebut.

Sama halnya dengan para pengungsi di Jayapura yang secara perlahan telah bersedia kembali ke Wamena.

Baca juga: Masa Tanggap Darurat di Wamena Sudah Lewat, Wiranto: Tidak Perlu Kembali ke Daerah Masing-masing

"Setelah kemarin bertemu dengan para pengungsi di Wamena, dengan para tokoh agama, dengan pemuka adat, kita bicara dari hati ke hati dan akhirnya kita simpulkan bahwa banyak masyarakat yang tetap ingin tinggal di Wamena," ucapnya.

"Di sini pun (Jayapura) tadi kita bertemu dengan para pengungsi, merrka ingin tetap untuk menajutkan hidup mereka di Wamena sesuai dengan profesi masing-masing," sambungnya.

Total pengungsi dari Wamena yang telah berada di Jayapura mencapai 16 ribu orang.

Mereka sebagian besar dievakuasi menggunakan pesawat Hercules dan sisanya secara swadaya menggunakan pesawat komersil.

Baca juga: Ganjar: Tidak Semua Warga Jateng di Wamena Minta Pulang Kok...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com