Arkeolog Temukan Tengkorak Manusia dan Saluran Air di Petirtaan Kuno Jombang

Kompas.com - 07/10/2019, 19:39 WIB
Arca burung garuda dan struktur menara yang runtuh, dua diantara sekian banyak temuan benda kuno di lokasi situs petirtaan kuno di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. KOMPAS.com/MOH. SYAFIÍArca burung garuda dan struktur menara yang runtuh, dua diantara sekian banyak temuan benda kuno di lokasi situs petirtaan kuno di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

JOMBANG, KOMPAS.com - Ekskavasi situs petirtaan kuno di Jombang Jawa Timur, secara perlahan mengungkap bentuk utuh bangunan petirtaan kuno.

Pada sisi utara bangunan petirtaan, ditemukan struktur saluran air. Saluran air itu diyakini sebagai saluran pembuangan.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengungkapkan, saluran air yang tersambung dengan bangunan petirtaan tersebut kemungkinan merupakan saluran pembuangan.

Untuk sementara, hasil ekskavasi mengungkap jika situs petirtaan kuno yang ditemukan di dasar sendang Sumberbeji tersebut memiliki dua saluran air.

Baca juga: Petirtaan Kuno Era Majapahit di Sumberbeji Jombang Didaftarkan Jadi Cagar Budaya

Saluran air pertama, terdapat pada sisi barat. Dari saluran air tersebut, air yang berasal dari sumber mata air mengalir ke dalam area petirtaan.

"Hari ini jam 3 sore, ditemukan struktur saluran air. Kami duga saluran air yang kedua ini sebagai saluran pembuangan dari bangunan petirtaan," kata Wicaksono kepada Kompas.com, Senin (7/10/2019) petang.

Situs kuno berbentuk petirtaan ditemukan di dasar sendang yang berada di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Penemuan situs diawali dengan penemuan saluran air dengan dimensi bata yang biasa digunakan pada era Majapahit.

Baca juga: Petirtaan Kuno di Sedang Sumberbeji Jombang Mirip Candi Tikus di Mojokerto

Petirtaan kuno zaman Majapahit

Setelah diobservasi hingga dilakukan penggalian, terungkap jika situs kuno di dasar sendang Sumberbeji tersebut merupakan petirtaan kuno.

Sejak Selasa (1/10/2019) lalu, BPCB Jawa Timur melakukan ekskavasi di situs kuno tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X