Hiu Sepanjang 7 Meter Ditemukan Terdampar di Perairan Lebak

Kompas.com - 07/10/2019, 17:10 WIB
Seekor Hiu yang diduga jenis Hiu Bintang ditemukan terdampar di Perairan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (7/10/2019). Dok. Polairud Polda BantenSeekor Hiu yang diduga jenis Hiu Bintang ditemukan terdampar di Perairan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (7/10/2019).

LEBAK, KOMPAS.com - Seekor hiu berwarna hitam dengan totol putih ditemukan terdampar di perairan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (7/10/2019).

Saat ditemukan pertama kali oleh warga, hiu diduga sudah dalam keadaan mati.

"Saya dapat laporan kejadian sekitar pukul 11.00 WIB, pas dicek ternyata benar diduga hiu berukuran besar terdampar," kata Kasubdit Patroli Polairud Polda Banten AKBP Noman Tri Sapto saat dihubungi, Senin.

Baca juga: Sumur Ajaib di Cianjur Ini Tak Pernah Kering meski Kemarau, Ini Sebabnya

Sapto menduga, jenis hiu yang terdampar merupakan hiu bintang atau hiu paus, jika dilihat dari corak yang terdapat di badan hiu.

Untuk ukurannya, menurut Sapto, hiu tersebut memiliki panjang badan sekitar 7 meter, lebar 3 meter dengan berat yang diperkirakan 2 hingga 3 ton.

Hingga sore hari ini, posisi hiu masih berada di tepi pantai di Kampung Kertamulya, Desa Wanasalam, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Baca juga: Bayi Tak Bernyawa Ditemukan Warga di Depan Pintu Kontrakan di Bandung

Menurut Sapto, saat ini pihaknya masih menunggu tim yang berwenang dari Balai Karantina, untuk mengetahui apakah hiu akan dibawa ke darat untuk dikubur atau digeser ke tengah laut.

"Dari pengamatan kita hiu sudah mati, tapi untuk pastinya tetap menunggu pihak karantina," kata Sapto. 

Sapto mengatakan, kejadian hiu terdampar di perairan Wanasalam baru pertama kali terjadi.

Dia menduga, penyebab hiu terdampar karena kondisi cuaca, di mana gelombang laut selatan saat ini sedang tinggi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X