Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

384 Pengungsi Wamena Sudah Tiba di Sumatera Barat

Kompas.com - 07/10/2019, 15:35 WIB
Perdana Putra,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 384 pengungsi Wamena, Papua, sudah sampai di Padang, Sumatera Barat, Senin (7/10/2019).

Kedatangan pengungsi asal Sumbar itu secara bertahap sejak Kamis (3/10/2019), dengan menggunakan pesawat terbang dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau.

Jumlah itu dipastikan akan bertambah, karena hari ini dijadwalkan ada 38 orang lagi menyusul dan besok 146 orang.

"Dari data awal ada 1.470 warga asal Sumbar yang ingin pulang dari Wamena pasca kerusuhan 23 September 2019 lalu. Jumlah itu berangsur berkurang karena sudah kita pulangkan secara bertahap," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang dihubungi Kompas.com, Senin.

Baca juga: Polda Papua Tetapkan 13 Tersangka Kerusuhan Wamena

Menurut Nasrul, dari 1.470 orang yang awalnya ingin pulang, ternyata ada sekitar 200 orang yang masih ingin bertahan, karena memiliki aset di Wamena.

Bagi mereka yang ingin pulang, menurut Nasrul Abit, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar memberikan fasilitas tiket pesawat dari sumbangan yang dikumpulkan.

Selain tiket, Pemprov Sumbar juga memberikan santunan berupa uang tunai Rp 1 juta untuk dewasa dan Rp 500.000 untuk anak-anak.

"Semua dana yang kita berikan berasal dari sumbangan warga Sumbar, baik di perantauan maupun kampung halaman yang jumlahnya mendekati angka Rp 5 miliar," kata Nasrul.

Selain santunan itu, Pemprov Sumbar juga memberikan jaminan kelanjutan sekolah bagi pelajar yang tiba di kampung halaman.

"Siswa yang menjadi korban tidak boleh putus sekolah. Bagi SMA, yang menjadi wewenang provinsi, kita pastikan siap ditampung. Bagi SMP dan SD kita minta pemerintah kabupaten dan kota memfasilitasinya," kata Nasrul.

Baca juga: Jaringan Listrik di Wamena Pulih Seluruhnya

Baca juga: Sumur Ajaib di Cianjur Ini Tak Pernah Kering meski Kemarau, Ini Sebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com