Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rina Indiastuti Resmi Dilantik Jadi Rektor Unpad 2019-2024

Kompas.com - 07/10/2019, 12:26 WIB
Dendi Ramdhani,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Padjadjaran resmi melantik Rina Indiastuti sebagai rektor Unpad periode 2019-2024.

Proses pelantikan dilakukan oleh Ketua MWA Unpad yang juga Menteri Komunikasi dan Informatikan, Rudiantara di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Senin (7/10/2019).

Rudiantara bersyukur akhirnya Unpad memiliki rektor baru setelah melalui proses dinamika yang panjang dan melelahkan selama setahun terakhir.

"Alasan diulang (proses pemilihan rektor Unpad) satu-satunya hanya masalah (good) governance. Bagaimana prosesnya agar lebih transparan, adil, akuntabel bagi semua stakeholder maupun ekosistem Unpad," kata Rudiantara dalam sambutannya.

Baca juga: Rina Indiastuti Terpilih Jadi Rektor Unpad secara Aklamasi

Setelah ada rektor baru, ia meminta agar Unpad bisa berkontribusi lebih banyak terhadap pembangunan di Jawa Barat.

Salah satunya, dengan membuat pusat riset pengembangan Jawa Barat yang hasilnya dapat jadi masukan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam mengambil kebijakan.

"Unpad ini menjadi semacam sentral penelitian untuk pengembangan jabar, jadi Unpad itu bukan hanya bekerja di dalam tapi juga bekerja ke luar. Memberikan masukan ke pemerintah Jabar, di mana Gubernur Jabar juga kan anggota MWA," paparnya.

Baca juga: Ini Pesan Ridwan Kamil untuk Calon Rektor Unpad dan ITB

Dengan tingginya ekspektasi publik terhadap kiprah Unpad, ia pun berharap para profesor memiliki peran vital dalam mengatasi persoalan masyarakat.

"Karena banyak profesor di Unpad yang harus kita berdayakan untuk Jawa Barat juga untuk nasional. Ini kan orang Sunda apalagi orang Unpad banyak yang bagus berkiprah di nasional dan internasional, tapi mereka hare-hare (acuh) atau bekerja masing-masing padahal kalau kita bersama-sama itu luar biasa kapasiitas Unpad itu," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com