Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sebelik Sumpah, Kalung Gelang Suku Anak Dalam yang Menjaga dari Sumpah Buruk

Kompas.com - 07/10/2019, 12:12 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Orang Rimba atau Suku Anak Dalam di Kecamatan Air Hitam, Sorolangun memiliki perhiasan khas yang dikenal dengan nama sebelik sumpah yang berwarna coklat kehitam-hitaman.

Sebelik sumpah biasanya digunakan sebagai kalung atau gelang khas Suku Anak Dalam yang dirangkai dari biji-bijian yang mirip sawo kecik atau sirsat.

Biji-bijian tersebut didapatkan dari pohon sebelik sumpah yang masih ada di kawasan konservasi Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) di Sarolangun.

Baca juga: Universitas Budi Luhur Menyapa Suku Anak Dalam

Kepala TNBD, Haidir mengatakan bahwa gelang dan kalung sebelik sumpah dipercaya Orang Rimba atau Suku Anak Dalam untuk selamat dari ancaman penyumpahan yang buruk.

"Jika menggunakan atau memakai gelang/kalung tersebut dan ada orang yang menyumpahi (memberi sumpah) yang jelek atau buruk kepada si pemakai, maka isi sumpah buruk tersebut akan berbalik arah kepada si penyumpah (pemberi sumpah)," kata Haidir.

Ia menjelaskan, satu buah sebelik sumpah bisa menghasilkan 12 butir biji. Untuk membuat satu buah gelang sebelik sumpah, mereka membutuhkan enam buah, sedangkan untuk satu kalung membutuhkan 12 buah.

Sebelum dirangkai menjadi gelang atau kalung, biji-biji tersebut dikeringkan terlebih dahulu.

Baca juga: Mensos Resmikan Rumah Pintar Bertenaga Surya untuk Suku Anak Dalam

 

Masuk kategori cindera mata terpopuler

Kader pendidikan orang rimba dalam Taman Nasional Bukit Duabelas, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Gambar diambil Jumat (26/4/2013).

KOMPAS/IRMA TAMBUNAN Kader pendidikan orang rimba dalam Taman Nasional Bukit Duabelas, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Gambar diambil Jumat (26/4/2013).
Aksesoris sebelik sumpah asal Kabupaten Sarolangun masuk nominasi di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 dalam kategori Cindera Mata Terpopuler.

Idrus, Kepala Dinas Parporada Sarolangun, Minggu (6/10/2019) mengatakan sebelik sumpah akan bersaing dengan 9 nominasi lainnya yang ada di Nusantara.

Pihak Dinas Pariwisata Sarolangun berharap agar seluruh masyarakat Sarolangun dan Provinsi Jambi mendukung Kabupaten Sarolangun untuk meraih juara dalam penghargaan tersebut.

Saat ini, kalung sebelik sumpah berada dalam peringkat lima besar, yaitu diposisi 4 dengan perolehan suara 11,72%.

Baca juga: Orang Rimba Minta Perlindungan

“Pemberian anugerah bulan November 2019. Poling SMS akan ditutup 30 Oktober 2019, kita saat ini masih posisi 4 besar, makanya kita minta dukungan masyarakat Sarolangun dan Jambi untuk mengirim SMS sebanyak-banyaknya,” kata dia.

Ia mengatakan penggunaan kalung atau gelang sebelik sumpah sudah dilakukan secara turun temurun di kelompok Suku Anak Dalam.

Artikel ini telah tayang di Tribunjambi.com dengan judul Sebelik Sumpah, Misteri Kalung Suku Anak Dalam, Masuk 4 Besar Cindera Mata Terpopuler API 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com