Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pelaku Pengeboman Ikan Ditangkap, Satu Terkena Tembakan Petugas

Kompas.com - 07/10/2019, 10:17 WIB
Kontributor Kompas TV Manokwari, Budy Setiawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

WASIOR, KOMPAS.com - Enam orang diduga pelaku pengeboman ikan, di Kepulauan Auri, Distrik Ron, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, ditangkap, Minggu (6/10/2019), kemarin.

Satu di antara pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas, karena berupaya melawan dan kabur dari sergapan petugas.

Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey, menerangkan, penangkapan keenam pelaku berawal dari adanya informasi dari masyarakat setempat, yang melihat adanya aktivitas mencurigakan dari para pelaku.

"Setelah menerima laporan Sabtu siang, Kapospan Ron, Aipda La Ode Nursalim, bersama anggota, pelapor dan tiga orang warga Ron, Pada Minggu pagi, melakukan pengecekan ke TKP," ungkap Mathias, dalam rilisnya, Senin (7/10/2019).

Baca juga: TNI AL Tangkap 3 Pelaku Pengeboman Ikan di Perairan Palu

Mathias menuturkan, ketika melihat kehadiran anggota, para nelayan tersebut berusaha melarikan.

Sehingga Kapospam Ron bersama anggota melakukan pengejaran menggunakan perahu mesin tempel milik Distrik Roon.

"Kelompok nelayan ini tidak mau berhenti, sehingga anggota melakukan tembakan peringatan ke atas sebanyak 2 (dua) kali. Namun, hal itu tak diindahkan," sebut Mathias.

Bahkan, lanjut Mathias, kelompok nelayan ini melakukan perlawanan dengan menghambur bubuk (campuran pupuk urea dan minyak tanah) ke laut, yang bermaksud untuk membakar perahu petugas.

"Adanya perlawanan dari kawanan pelaku, Brigpol Agustinus Benamen, kemudian menembak ke arah kaki dari salah satu pelaku. Setelah terkena tembakan mereka lalu berhenti dan menyerahkan diri," ujar Mathias.

Baca juga: Bom Ikan yang Disita Polisi di Bajoe Memiliki Jangkauan Ledak hingga 500 Meter

"Lima orang pelaku saat ini telah diamankan di Mapolres Teluk Wondama dan sedang dilakukan pemeriksaan. Sedangkan yang mendapat luka tembak dikutut kaki kanan, dibawa ke RSUD Wondama guna menjalani perawatan," tukas Mathias.

Adapun identitas para pelaku yakni LU (terkena luka tembak pada lutut sebelah kanan), LB (16), NA (26), HE (26), AN (20) dan MA (25).

Barang Bukti berupa 1 unit perahu semang, 1 unit perahu kayu kecil, 2 unit motor Jhonson Enduro Yamaha 40 PK, 2 buah tengki BBM (ukuran 30 liter), 1 unit mesin kompresor, 5 botol bom dopis, 2 botol bir keadaan terisi dopis, 2 botol kecap keadaan terisi dopis dan 1 botol kosong, selang angin 3 buah, dan 7 coll box ikan Laloci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com