Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Poso yang Terdampak Konflik Wamena Segera Dipulangkan

Kompas.com - 06/10/2019, 21:03 WIB
Mansur,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

POSO, KOMPAS. com – Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, berupaya memulangkan 109 warga Poso yang selama ini tinggal dan bekerja di Kabupaten Wamena, Provinsi Papua .

Ratusan warga tersebut dipulangkan setelah sebelumnya sempat ditampung di pengungsian  Kota Jayapura, karena dampak konflik yang terjadi di Wamena pada 23 September lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Yan Edward  Guluda mengatakan, pemulangan warga Poso dilakukan untuk mengantipasi korban jiwa jika sewaktu-waktu konflik  Wamena meluas.

Menurut Yan, sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah, seluruh pengungsi  baik yang telah tiba di Makassar ataupun yang masih menunggu pemberangkatan berikutnya hingga berada di Poso sepenuhnya ditanggung oleh pemda.

Hal itu termasuk penyedian hotel sebagai tempat tinggal sementara.

"Jadi untuk penanganan pengungsi warga Poso yang ada di Wamena merupakan instruksi langsung dari Bupati Poso. Pemda telah membentuk tim pemulangan pengungsi, mulai dari pendataan, penjemputan di Makassar, hingga fasilitas penginapan sudah disediakan," ungkap Yan, saat ditemui, Minggu (6/10/2019).

Baca juga: 153 Warga Toraja yang Mengungsi dari Wamena Tiba di Toraja

Sekretaris BPBD  Kabupaten Poso Idham Ince Dahlan menjelaskan, seluruh  pengungsi asal Poso di Wamena akan dipulangkan  dalam tiga gelombang.

Gelombang pertama berjumlah sembilan orang dan sudah tiba Makassar sejak Sabtu (5/10/2019) melalui jalur laut.

Untuk  gelombang kedua 45 orang dan gelombang ketiga 55 orang akan dipulangkan menggunakan pesawat Hercules milik  TNI-AD .

"Sembilan orang pengungsi  tahap pertama sudah tiba dengan selamat  dan kondisi sehat di Makassar. Selanjutnya tinggal kita jemput dengan tim yang ada untuk kita bawa ke Poso  dan akan tiba di Poso esok , Senin 7 Oktober 2019," ujar Idham.

Sebanyak sembilan orang di gelombang pertama yang telah tiba di Makssar akan dipulangkan ke Poso menggunakan bus milik Pemda Poso.

Sembilan warga itu terdiri perempuan, orang lanjut usia, anak-anak, dan balita.

Setibanya di Poso dan sebelum diserahkan ke pihak keluarga, sembilan warga akan didata kembali di kantor kecamatan setempat.

Baca juga: 139 Pengungsi Wamena asal Sumbar Tiba di Makassar

Meskipun tinggal di rumah keluarga, Pemda Poso terus melakukan pemantauan terhadap segala kebutuhan para pengungsi dengan melibatkan aparat desa dan camat setempat.

Untuk  para pengungsi gelombang kedua dan ketiga yang diperkirakan akan tiba di Poso pada pertengahan Oktober, telah disiapkan hotel dan penginapan sementara, hingga kemanan di Wamena kembali membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com