Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Cari Perahu Nelayan yang Hilang di Perairan Mimika

Kompas.com - 05/10/2019, 20:17 WIB
Sandro Gatra

Editor

Sumber Antara

TIMIKA, KOMPAS.com - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika sejak Rabu (2/10/2019), menerjunkan tim untuk mencari satu perahu motor berpenumpang empat orang nelayan yang dinyatakan hilang di perairan pesisir timur Mimika, Papua.

Kepala Kantor SAR Timika Monce Brury mengatakan, pencarian perahu motor bersama empat awaknya itu hingga Sabtu (5/10/2019) petang, belum membuahkan hasil.

"Sampai sekarang belum juga ditemukan. Tadi pagi kami mengerahkan dua perahu karet, satu perahu mencari di bagian dalam menyusuri sungai-sungai, sementara perahu yang satu menyisir di bagian luar. Keluarga korban juga ikut membantu melakukan pencarian," kata Monce di Timika, Sabtu, seperti dikutip Antara.

Menurut dia, upaya pencarian perahu motor hilang tersebut telah dilakukan oleh personel SAR Timika hingga ke perairan Mimika Timur Jauh hingga perbatasan dengan Kabupaten Asmat.

Warga lokal yang tinggal di wilayah pesisir Mimika Timur Jauh juga sudah dihubungi pihak SAR Timika. Namun mereka tidak pernah melihat perahu yang diberi cat biru putih tersebut.

"Pada hari pertama dan hari kedua, anggota kami mencari sampai di perairan Pulau Tiga perbatasan Mimika dengan Asmat, namun tidak juga menemukan hasil. Yang jelas, kami akan memaksimalkan pencarian hingga hari ketujuh operasi SAR," kata Monce.

Kasus hilangnya perahu motor milik nelayan tersebut baru dilaporkan ke Kantor SAR Timika pada Rabu (2/10), oleh seorang warga bernama Rizal.

Rizal menceritakan bahwa pada Rabu (25/9), seorang anggota keluarganya bersama tiga rekannya berangkat menggunakan perahu susun bermesin dalam (mesin dompleng) untuk mencari ikan di perairan sekitar Pulau Puriri di Pasir Hitam hingga Pulau Yapero, dekat Otakwa, Distrik Mimika Timur Jauh.

Perahu itu berpenumpang empat orang, yaitu Awin, Amirullah, Sabul dan Mail.

Namun hingga Sabtu (29/10), Awin bersama rekan-rekannya tidak kembali ke Timika.

Pihak keluarga sudah berupaya melakukan pencarian, namun keberadaan perahu yang ditumpangi Awin bersama rekan-rekannya itu belum juga ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com