Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Salatiga Buka Rumah Dinas untuk Pertunjukan Kesenian

Kompas.com - 05/10/2019, 09:44 WIB
Dian Ade Permana,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Wali Kota Salatiga Yuliyanto mencanangkan Kota Hati Beriman tempatnya memerintah sebagai kota budaya. Pencanangan tersebut bertepatan dengan pembukaan Salatiga How Art You yang ketiga pada Jumat (4/10/2019).

Menurut Yuliyanto, Salatiga layak menjadi kota budaya karena memiliki seniman-seniman yang mumpuni. Bahkan, karyanya tidak kalah dengan seniman dari kota-kota poros budaya seperti Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta.

Yuliyanto pun menegaskan bahwa Pemerintah Kota Salatiga akan memberikan dukungan untuk setiap kegiatan budaya yang diadakan seniman lokal.

"Kami pasti akan mendukung, sekarang adalah saatnya membuktikan bahwa karya seniman Salatiga memiliki kelas tersendiri," ucapnya di rumah dinas Wali Kota Salatiga.

Baca juga: Bukan Basa-basi, Perkuat Pendidikan Karakter Lewat Jalur Seni Budaya

Penggunaan rumah dinas Wali Kota sebagai tempat pelaksanaan Salatiga How Art You adalah bukti nyata dukungan tersebut.

"Rumah dinas ini adalah rumah rakyat, jadi siapa saja bisa menggunakan untuk event kesenian dan kebudayaan. Mau musik reggae, dangdut, keroncong, pameran lukisan, pentas teater, monggo silakan menggunakan rumah dinas," paparnya.

Dia berharap pelaksanaan Salatiga How Art You dapat terus rutin diselenggarakan setiap tahun dan bersinergi dengan pemerintah. Harapannya, skala acara semakin besar dan mampu mendatangkan wisatawan ke Salatiga.

Sementara Ketua Panitia Salatiga How Art You III, Effendi Pak Wo mengatakan kegiatan seni tersebut berlangsung selama tiga hari, 4-6 Oktober 2019.

Selain pertunjukan seni, acara juga diisi pameran kerajinan dari eceng gondok, barang bekas, dan plastik.

"Ada juga teater, lukis on the spot, mural, workshop, dan pertunjukan musik," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com