Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Music Festival Suguhkan Tiga Mahakarya dalam Satu Waktu

Kompas.com - 05/10/2019, 07:19 WIB
Wijaya Kusuma,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Rajawali Indonesia bersama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menginisiasi festival bertaraf internasional, Batik Music Festival. Pergelaran ini menjadi istimewa karena menyuguhkan tiga mahakarya dalam satu waktu.

CEO Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi menjelaskan, Batik Music Festival merupakan sebuah pesta besar yang perlu dirayakan bersama.

"Masyarakat bisa menyaksikan megahnya sebuah proses kolaborasi dari tiga mahakarya, yaitu batik, Candi Prambanan, dan musik," ujar CEO Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi, dalam keterangan tertulis, Jumat (4/10/2019).

Anas menyampaikan, kolaborasi tiga mahakarya ini akan menjadi sebuah momen yang tidak akan terlupakan. Bahkan, momen ini akan menjadi cerita tersendiri yang akan dikisahkan secara turun temurun.

Baca juga: Digelar di Candi Prambanan, Batik Music Festival Hadirkan David Foster

Festival yang mengolaborasikan tiga mahakarya dalam satu kesempatan ini merupakan sebuah bentuk apresiasi nyata warisan nenek moyang.

"Batik memang sudah sangat tersohor ke banyak negeri di dunia. Namun, dengan cara kolaborasi dari tiga mahakarya ini, akan menjadi cara yang sangat tepat untuk mempromosikan batik lebih luas lagi melalui sebuah pergelaran musik," katanya.

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko sekaligus sebagai promotor Batik Music Festival Edy Setijono menjelaskan, musik adalah salah satu cara untuk memperkenalkan warisan budaya yang dimiliki bangsa ini kepada masyarakat yang lebih luas.

Tanpa disadari musik menggiring masyarakat untuk belajar dan memahami lebih dalam tentang adanya batik dan situs bersejarah yang harus mereka banggakan.

"Mungkin ini akan menjadi momen pertama di mana Candi Prambanan akan diserbu orang menggunakan batik. Ini tentu menjadi satu hal yang sangat membanggakan," tuturnya

Pergelaran bertaraf internasional Batik Music Festival yang dapat dinikmati masyarakat umum ini akan digelar di Kompleks Candi Prambanan pada Sabtu (5/10/2019).

Tak tanggung-tanggung, guna memprosikan batik agar lebih mendunia, Batik Music Festival akan diisi oleh musisi top dunia dan Indonesia.

Mereka yang akan tampil antara lain David Foster, Kenny "Babyface" Edmonds, Katharine McPhee, Pia Toscano, Yuna, Nick Zavior, Yovie Widianto, Kahitna, Bunga Citra Lestari, Raisa, Marcell, Rio Febrian, 5 Romeo, dan Arsy Widianto.

Baca juga: Tampil di Batik Music Festival, David Foster: Indonesia Itu Spesial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com