Ada Rok dan Bra, Kerangka di Hutan Jati Diduga Wanita Muda

Kompas.com - 04/10/2019, 14:13 WIB
Pihak Kepolisian Melakukan Evakuasi Kerangka Manusia di Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Jumat (4/10/2019) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOPihak Kepolisian Melakukan Evakuasi Kerangka Manusia di Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Jumat (4/10/2019)

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Temuan kerangka manusia dihutan jati Petak 103 RPH Kedungwanglu, Padukuhan Sawah Lor, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, diduga jenazah wanita berusia muda.

Jenazah diperkirakan sudah ada sejak lebih dari setahun terakhir.

"Sementara hasil temuan, patut diduga jasad perempuan. (Terlihat) dari ukuran tulang kemungkinan juga masih berusia muda," kata Kabid Dokkes Polda DIY, AKBP Is Sarifin, saat ditemui setelah melakukan evakuasi tulang di lokasi, Jumat (4/10/2019).

Diperkirakan, usia wanita itu masih sekitar 20 sampai 30 tahun. Dugaan jika jenasah ini wanita dari temuan pakaian rok, dan adanya tali bra yang masih utuh. 

Baca juga: Sedang Mencangkul, Warga Temukan Kerangka Manusia di Tengah Hutan Jati

Selain itu dilokasi juga ditemukan sandal wanita. Diakuinya, pihaknya kesulitan untuk menidentifikakasi karena sebagian sudah rusak.

Namun, pihaknya yakin dengan pemeriksaan DNA masih bisa diungkap identitasnya. "Kami saat ini memang kesulitan menentukan identitasnya karena properti sebagian tulang sudah rusak. Insya Allah dari DNA-nya kami bisa," ucap dia.

Dia mengatakan, untuk tinggi jasad juga belum bisa ditentukan, setelah dibawa ke RS Bhayangkara Yogyakarta, dan baru bisa diukur tinggi badannya.

"Kami periksa tulang pahanya baru bisa kita tentukan (tinggi). Sedangkan proses pemeriksaan kurang lebih untuk DNA paling cepat 1 minggu tetapi rata-rata 2 minggu," ujar dia. 

Ketika disinggung mengenai berapa dalam jasad terkubur, pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti lebih mendalam.

"Kami kan masih belum tahu kontur tanah di sini ketika hujan mudah terkikis atau tidak, kalau saat ditemukan kerangka dikubur dengan kedalaman kurang lebih 30 cm. Tetapi untuk memastikan butuh pendalaman lebih jauh," ucap dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X