Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedi Mulyadi: Bambang Soesatyo Jadi Ketua MPR Sudahi Rivalitas Politik di Golkar

Kompas.com - 04/10/2019, 08:00 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Dedi Mulyadi menyatakan, terpilihnya Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR RI mengakhiri rivalitas internal Partai Golkar menjelang Musyawarah Nasional Partai Golkar Desembr mendatang.

Dengan kata lain, kata Dedi, Munas Golkar akan berjalan mulus sehingga Airlangga Hartarto bisa melanjutkan kepemimpinannya di partai berlambang pohon beringin ini.

Menurut Dedi, dalam pernyataan terakhir, Bambang Soesatyo mengatakan bahwa sudah tidak ada lagi persaingan di internal Golkar menjelang munas.

Baca juga: Jelang Munas Golkar, Dukungan Mengerucut ke Airlangga

Ini berarti keduanya saling menguatkan peran masing-masing.

"Ini menyudahi rivalitas politik di Golkar. Rekonsiliasi politik yang sempurna dan mengakhiri persaingan keduanya (Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo)," kata Dedi kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (3/4/2019).

"Sehingga dipastikan munas berjalan mulus untuk melanjutkan kepemipinan Pak Airlangga," lanjut ketua DPD Golkar Jawa Barat ini.

Dedi Mulyadi saat pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR periode 2019 - 2024 pada sidang paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9/2019) pagi.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Dedi Mulyadi saat pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR periode 2019 - 2024 pada sidang paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9/2019) pagi.

Selain itu, terpilihnya Bambang sebagai ketua MPR RI sekaligus menyempurnakan kepemimpinan Airlangga Hartarto.

Menurutnya, Airlangga sebagai ketua umum Golkar dalam waktu relatif pendek, 1 tahun 8 bulan, mampu menempatkan kader Golkar pada jabatan tertinggi di lembaga negara.

Sebab, sejak reformasi, jabatan itu tidak pernah diraih Golkar.

"Di situ Pak Airlangga menunjukkan kelas manajer yang mampu mengelola potensi dengan baik, dengan melakukan lobi berbagai pihak," tandas mantan bupati Purwakarta dua periode ini.

Menurut Dedi, keberhasilan Airlangga ini harus dilanjutkan.

Golkar memiliki kesempatan rekonsiliasi menuju pilkada langsung 2020 dan Pemilu 2024.

Baca juga: Jelang Munas, DPD Golkar Sulsel Mantapkan Dukungan ke Airlangga

Diberitakan Kompas.com, politikus Golkar Bambang Soesatyo terpilih menjadi ketua MPR RI periode 2019-2024.

Ia terpilih berdasarkan hasil kesepakatan 10 fraksi di parlemen.

Sebelumnya, Fraksi Partai Gerindra masih bersikeras mengajukan Ahmad Muzani sebagai ketua MPR RI. Namun pada akhirnya, Gerindra mengalah dengan ikut mendukung Bambang bersama 9 fraksi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com