Mahasiswa Lanjutkan Demo di Aceh, Desak Transparansi Pupuk Bersubsidi

Kompas.com - 03/10/2019, 17:32 WIB
Mahasiswa dari berbagai kampus menggelar demonstrasi di Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (4/10/2019) KOMPAS.com/MASRIADI Mahasiswa dari berbagai kampus menggelar demonstrasi di Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (4/10/2019)


LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Ribuan mahasiswa dari berbagai kampus negeri dan swasta menggelar aksi demonstrasi di Gedung DPRD Lhokseumawe dan DPRD Aceh Utara, Kamis (3/10/2019).

Aksi kali ini memuat isu lokal, berupa kelangkaan pupuk yang terjadi setiap musim panen di dua daerah tersebut.

Koordinator Aliansi Mahasiswa Pase Arisky RM menyebutkan, DPRD Aceh Utara dan DPRD Lhokseumawe harus membentuk panitia khusus untuk mengusut kelangkaan pupuk bersubsi yang terjadi selama ini.

Baca juga: Didesak Mahasiswa, Anggota DPRK Aceh Tengah Akhirnya Surati Jokowi Tolak UU KPK

Untuk Aceh, mahasiswa mendesak agar pemerintah mengumumkan kuota pupuk bersubsidi, sehingga masyarakat mengetahui penyebab kelangkaan.

“Soal irigasi juga harus diperhatikan. Ini masih banyak sawah tadah hujan, pemerintah harus pro petani,” kata Arisky.

Sementara itu, Manajer Hubungan Masyarakat PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) Nasrun menyebutkan, masalah kelangkaan pupuk di Aceh Utara dikarenakan adanya pengurangan alokasi kuota pupuk untuk Aceh.

Hal itu berdampak untuk seluruh kabupaten/ kota yang ada di Aceh.

UU KPK dan RKUHP

Selain itu, mahasiswa juga meminta anggota Dewan di dua daerah itu mengawal petisi yang telah disampaikan pada demonstrasi pekan lalu.

“Kami juga minta dua DPRD ini mengawal petisi yang sudah kita sampaikan sebelumnya, yaitu mendesak Presiden Jokowi membatalkan UU KPK hasil revisi dan membatalkan pembahasan RKUHP,” kata Arisky.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X