Kembali Dibuka Setelah 36 Tahun, Uji Coba Jalur Cibatu-Wanaraja Membuat Warga Terkesima

Kompas.com - 03/10/2019, 15:35 WIB
Jalur kereta api Cibatu-Garut sepanjang 19,5 meter tengah direaktivasi. Pembongkaran bangunan di jalur itu telah selesai dan rencananya jalur tersebut sudah bisa dioperasikan pada awal 2020. KOMPAS.com/RENI SUSANTIJalur kereta api Cibatu-Garut sepanjang 19,5 meter tengah direaktivasi. Pembongkaran bangunan di jalur itu telah selesai dan rencananya jalur tersebut sudah bisa dioperasikan pada awal 2020.

BANDUNG, KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia melakukan uji coba lintas Cibatu-Wanaraja sejauh 9,2 kilometer, Kamis (3/10/2019). Uji coba kali ini merupakan yang ketiga kalinya.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, lintas Cibatu-Wanaraja merupakan bagian dari jalur reaktivasi Cibatu-Garut sejauh 19,5 kilometer.

“Saat ini baru selesai sampai Wanaraja,” ujar Edi di Bandung, Kamis.

Hingga akhir tahun, pihaknya menargetkan reaktivasi jalur selesai hingga Garut. Memasuki 2020, jalur ini sudah bisa digunakan untuk umum.

“Dua kali perjalanan uji coba dari Stasiun Cibatu melewati jembatan Cikoang, Stasiun Pasir Jengkol, Jembatan Citameng dan Stasiun Wanaraja berjalan lancar,” katanya.

Baca juga: Kereta Jalur Garut-Bandung Dipastikan Beroperasi 2020

Jika pembangunan sudah selesai, nantinya masyarakat Garut bisa melakukan perjalanan menuju Bandung dan Jakarta dengan menggunakan kereta api.

Seperti diketahui, jalur ini ditutup tahun 1983. Sejak saat itu, masyarakat lebih banyak menggunakan transportasi mobil ataupun bus ketika akan ke Bandung.

Warga terkesima

Dibukanya kembali jalur kereta api, membuat masyarakat sekitar terkesima. Tak sedikit warga, baik laki-laki, perempuan, tua ataupun muda yang berlari ketika mendengar suara kereta datang.

Mereka melambaikan tangan pada kereta inspeksi 3 yang dilakukan untuk uji coba jalur. Bahkan ada pula yang jingkrak-jingkrak. Karena selama ini mereka tidak pernah tahu wujud dari kereta api secara langsung.

“Ga nyangka bisa ada kereta api lagi kesini. Senang aja nanti bisa naik kereta api ke Bandung,” ucap Imas, warga Pasir Jengkol, Garut.

Baca juga: Kapan Reaktivasi Jalur Kereta Api Banjar-Pangandaran Dimulai?

Sebelumnya, ada empat jalur reaktivasi jalur kereta api yang sedang dan akan dilakukan di Jabar. Yakni Cibatu-Cikajang, Rancaekek-Tanjungsari, Banjar-Pangandaran-Cijulang, serta Bandung-Ciwidey.

Data Pemerintah Provinsi Jawa Barat, keempat jalur memiliki panjang 178,8 kilometer dengan estimasi biaya Rp 7,273 triliun dan ditargetkan rampung seluruhnya di 2022.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X