Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSUD Jayapura Sukses Siaran Langsung Operasi Hernia ke 7 Negara

Kompas.com - 03/10/2019, 13:49 WIB
Dhias Suwandi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura sukses menyelenggarakan siaran langsung operasi hernia ke 7 negara di kawasan Asia Pasifik pada Kamis (3/10/2019).

Operasi yang dilakukan oleh Prof Donald Aronggear tersebut berlangsung sekitar 2 jam dan disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua TEA Hery Dosinaen, Kepala Dinas Kesehatan Papua drg Alosius Giai, dan beberapa perwakilan rumah sakit yang ada di Jayapura.

Baca juga: Kembali Jadi Kapolda Papua, Ini Kebijakan Irjen Paulus Waterpauw

Giai yang juga tengah menjabat sebagai Plt Direktur Utama RSUD Jayapura menuturkan, operasi yang menggunakan alat Laparaskopi sengaja disiarkan langsung untuk menunjukkan saat ini dunia medis di Papua tidak ketinggalan.

"Ini juga bisa mengikis stigma bahwa Papua terbelakang dan kami akan lakukan setiap 3 bulan dengan segmen yang berbeda, bisa jantung, saraf, dan lainnya," kata Giai di Jayapura, Kamis (3/10/2019).

Operasi tersebut disiarkan di China, Australia, Taiwan, India, Singapura, Indonesia, Hong Kong, dan Korea Selatan.

Giai mengklaim, operasi yang disiarkan langsung tersebut sudah rutin dilakukan sejak 2012, tetapi baru kali ini dipublikasikan.

Pujian juga dilayangkan Sekda Papua TEA Hery Dosinaen kepada Prof Donald Aronggear yang dianggapnya bisa menjadi contoh bagi dokter-dokter lainnya.

Baca juga: Anggota MPR dari Papua Menangis saat Minta Perhatian Pengungsi Wamena

"Hari ini Prof Donald Aronggear membuktikan bahwa anak Papua juga bisa dalam aspek kesehatan dengan memanfaatkan teknologi yang canggih," kata dia.

Ia pun memerintahkan jajarannya untuk memprogramkan beasiswa bagi pendidikan spesialis kedokteran.

"Ini pasti memotivasi adik-adik kita di tanah ini dalam meningkatkan kemampuannya, terutama dalam aspek kedokteran," ucap Dosinaen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com