3 Bulan Kekurangan Air Bersih, Warga Desa Ini Buat “Parit Cacing”

Kompas.com - 02/10/2019, 19:52 WIB
Seorang anggota TNI yang bertugas sebagai Babinsa di  Desa Arisan Jaya Ogan Ilir membantu mengambil air dari :Parit Cacing untuk warga yang kesulitan air, Rabu (2/10/2019). KOMPAS.com/AMRIZA NURSATRIA HUTAGALUNGSeorang anggota TNI yang bertugas sebagai Babinsa di Desa Arisan Jaya Ogan Ilir membantu mengambil air dari :Parit Cacing untuk warga yang kesulitan air, Rabu (2/10/2019).

INDRALAYA, KOMPAS.com - Warga Desa Arisan Jaya Kecamatan Pemulutan Barat  Ogan Ilir Sumatera Selatan sudah 3 bulan ini kekurangan air bersih.

Kemarau yang melanda wilayah sumatera selatan khususnya ogan ilir membuat sumber air di desa itu mengering.

Pantauan di desa tersebut Rabu (2/10/2019), terlihat sungai yang berada di tengah desa kondisinya sudah mengering meninggalkan sampah yang membuat dasar sungai itu menjadi kotor.

Hanya ada aliran air selebar 1 meter yang dibuat warga belum lama ini agar air di dasar sungai keluar. 

Air itulah yang digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari untuk keperluan mandi dan mencuci.

Baca juga: Kekeringan di Gunungkidul, Sumber Air Mulai Habis, Anggaran Menipis

Sedangkan untuk minum dan memasak warga membeli dari penjual air keliling dengan harga Rp 5.000 per galon.

Parit cacing

Seorang perempuan tampak turun ke dasar sungai lalu membersihkan genangan  air untuk selanjutnya digunakan untuk berwudhu.

Maryana seorang ibu rumah tangga yang rumahnya tepat di pinggir sungai mengatakan, sudah 2 bulan air air sungai itu mengering.

Oleh warga dibuatlah galian selebar 1 meter dan panjang 300 meter yang disebut warga “parit cacing” untuk mengalirkan air yang tersisa di dasar sungai.

Air itulah yang dimanfaatkan Maryana dan warga lain setiap hari untuk memenuhi kebutuhan air untuk  mandi dan mencuci.

“Sedangkan untuk air minum dan memasak saya membeli dengan harga Rp 5.000 per galon, sehari saya membeli 4 galon artinya Rp 20.000 per hari untuk air bersih,” katanya  

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X