Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Paskibra Belum Terima Honor, Ini Penjelasan Dispora Gresik

Kompas.com - 02/10/2019, 17:29 WIB
Hamzah Arfah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gresik angkat suara terkait honor untuk pasukan pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) yang belum dibayarkan.

Paskibra tersebut bertugas saat upacara 17 Agustus 2019 lalu di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Gresik, Jawa Timur.

Sekretaris Dispora Gresik Agus Setya Prambudi mengatakan, tahun ini Dispora memang tidak mengalokasikan dana untuk uang saku bagi Paskibra yang berjumlah 75 orang. 

"Untuk tahun ini, saya sudah cek DPA (Dokumen Penggunaan Anggaran) dan memang tidak dianggarkan. Mungkin mereka tahunya seperti itu dari para senior-seniornya, karena memang tahun-tahun sebelumnya ada (dapat honor)," ujar Agus Setya Prambudi, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/10/2019).

Baca juga: Gadis Paskibra yang Menghilang Ternyata Sering Tak Pulang dan Dekat dengan Komunitas Punk

Agus mengatakan, untuk tahun ini pihaknya hanya menyediakan seragam dan makan saat Paskibra berlatih.

Kemudian, disediakan piagam yang bakal diberikan sebagai kenang-kenangan kepada mereka yang terlibat dalam anggota Paskibra.

Hanya saja, menurut Agus, ia tidak hafal terkait nominal besaran anggaran bagi Paskibra untuk agenda upacara pada 17 Agustus 2019 lalu.

"Kalau itu (besaran anggaran) kan masalah teknis, jadi saya tidak hafal benar berapa jumlahnya. Hanya memang sekali lagi, untuk tahun ini memang tidak dianggarkan untuk uang saku dan itu sudah kami sampaikan sebelumnya," ucap dia.

Adapun, terkait piagam bagi para Paskibra yang hingga kini belum diserahkan, pihak Dispora mengaku masih berkoordinasi dengan jajaran Pemkab Gresik, lantaran terjadi pergantian di posisi kepala dinas.

"Soal piagam, itu kami masih koordinasi dan minta arahan langsung dari Pak Bupati. Sebab kepala dinasnya kan sudah ganti," kata Agus.

Sebelumnya, ada sebagian dari orangtua siswa Paskibra yang sempat mempertanyakan terkait uang saku yang belum diterima oleh putra-putri mereka.

Padahal, agenda tersebut sudah hampir dua bulan berlalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com