Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Terkumpul Rp 4 M, Pemprov Sumbar Pulangkan Warganya di Wamena Secara Bertahap

Kompas.com - 02/10/2019, 14:21 WIB
Perdana Putra,
Khairina

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com-Setelah dana terkumpul Rp 4 miliar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mulai memulangkan warganya di Wamena ke kampung halamannya secara bertahap

Pada Rabu (2/10/2019) ini, ada 50 orang warga asal Sumbar di Wamena yang diberangkatkan menuju Jakarta untuk selanjutnya dibawa ke Padang.

Sebelumnya, Selasa (1/10/2019) ada 130 orang yang diberangkatkan dengan kapal laut KM Ceremai menuju Tanjung Priok Jakarta.

"Sudah mulai kita pulangkan. Kemarin ada 130 orang dengan kapal laut dan hari ini ada 50 orang dengan pesawat Hercules," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2019) di Padang.

Baca juga: Selain Pesawat Hercules, Pemerintah Kirim Kapal Pelni Angkut Pengungsi Wamena

Nasrul menyebutkan, dengan jumlah sumbangan yang terkumpul melebihi target ada kemungkinan pemulangan warga di Wamena dilakukan dengan menggunakan pesawat.

Awalnya, Pemprov Sumbar berencana memulangkan warganya di Wamena dengan menggunakan kapal laut.

"Kita lihat nanti apakah dipulangkan dengan pesawat atau kapal laut. Namun karena dana yang terkumpul cukup banyak, bisa saja dengan pesawat," kata Nasrul.

Menurut Nasrul, berdasarkan data saat timnya ke Wamena beberapa waktu lalu ada 1.470 warga yang ingin pulang ke kampung halaman.

"Dari data awal ada 1.470 orang. Namun angka itu masih bisa berubah karena ada yang belum terdata dan ada yang ingin bertahan karena ada aset mereka yang tinggal," kata Nasrul.

Baca juga: 11 Ton Bantuan dari Presiden untuk Pengungsi Wamena Tiba di Jayapura

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat berhasil mengumpulkan dana Rp 4 miliar lebih untuk pemulangan warga asal Sumbar di Wamena, Papua

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah karena donasi penggalangan dana terus dilakukan.

"Sudah terkumpul Rp 4 miliar. Tadi malam saat penggalangan dana di Jakarta terkumpul Rp 3,1 miliar. Kemudian di rekening Sumbar Peduli Sesama ada sekitar Rp 1 miliar," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat menerima sumbangan dari Pengadilan Tinggi Agama Sumbar, Rabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com