Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Batik Nasional, Ridwan Kamil Kenakan Karya Sendiri, Garuda Kujang Kencana

Kompas.com - 02/10/2019, 11:34 WIB
Dendi Ramdhani,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperingati Hari Batik Nasional dengan mengenakan batik karyanya sendiri yang diberi nama Garuda Kujang Kencana.

Batik itu dibuat pada November 2017 silam. Motif batik itu bergambar kujang dan lambang Garuda dengan tambahan insial RK.

Selain Garuda Kujang Kencana, ia juga pernah mendesain batik bermotif ceplok telor dan Iron Man.

"Ini batik yang saya desain sendiri Garuda Kujang Kencana. Saya sudah banyak desain batik, ada batik Iron Man laku di online, ini buat formal karena mau ke acara Swedia sesuai warna benderanya," ujar Emil, sapaan akrabnya saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (2/10/2019).

Baca juga: Peringati Hari Batik Nasional, Ribuan Pelajar Membatik, Pecahkan Rekor Muri

Emil mengatakan, apresiasi terhadap batik sebagai identitas bangsa harus diperluas. Karena itu, ia mengajak semua masyarakat yang memiliki kepiawaian menggambar atau mendesai untuk membuat motif batik baru.

"Salah satu kebanggaan di dunia internasional kita yang terkenal itu batik, jadi harus diperbanyak. Poinnya kita lestarikan tidak hanya memakai tapi bagi mereka yang bisa mendesain mencipta seperti saya kita ramaikan," paparnya.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Kemendikbud Imbau Sekolah Lakukan 3 Hal Ini

"Karena batas dari imajinasi batik ada pada imajinasi kita. Semakin kita berimajinasi polanya tidak terhingga," tambahnya.

Ia menambahkan, bagi pejabat negara, batik sudah menjadi identitas negara asal sekaligua memamerkan keunikan budaya.

"Keunikan budaya saja, kalau anda ke Hawaii orangnya pakai batik Hawaii polanya, kalau ke Indonesia di beberapa acara khusus yang paling mudah dan murah ya batik," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com